Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Muda Agar Kuat, Sehat dan Berkualitas

Hallo Sobat Sidomulyo Farm, kali ini kita bakal membicarakan secara lengkap mengenai bagaimana cara merawat ayam bangkok aduan yang masih muda supaya tumbuh sehat dan optimal serta berkualitas. Yuk kita liat ulasan berikut.

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Masih Muda Berkualitas


Untuk membawa dampak ayam bangkok aduan kamu kuat dan tangguh dibutuhkan perawatan dan pelatihan yang benar sejak ia masih muda, yaitu juga setelah menetas sampai usia 10 bulan, tetapi tersedia pula yang mengatakan 6 bulan. Manakala ayam selanjutnya mendapat perawatan yang intensif sejak dini, maka ia bakal tumbuh optimal dan bisa menjadi juara pas dewasa. 

Sayang sekali banyak peternak ayam aduan yang melalaikan perihal itu, mereka condong remehkan soal perawatan ayam pas masih berusia muda, atau dia tidak remehkan tetapi melaksanakan kesalahan pas merawat dan melatihnya, supaya yang berjalan ayam jadi menjadi rusak dan perkembangan tidak optimal. Baca: Sisik Kaki Ayam Yang Memiliki Katuranggan Mematikan

Apa saja kesalahan kesalahan yang sering ditunaikan pemula didalam merawat ayam aduan muda?

1. Kesalahan fatal merawat ayam bangkok muda

Baiklah poin pertama bakal dibahas kesalahan-kesalahannya dulu, baru setelah itu soal perawatan dan pelatihan:
  • Penyediaan area yang buruk membuat ayam atau situasi kandang yang tidak ideal supaya tidak nyaman membuat ayam bangkok dan membawa dampak stress.
  • Jenis pakan yang diberikan kurang bagus, dan membawa dampak pertumbuhannya buruk. 
  • Ayam muda sering mendapat perlakuan diskriminasi dari ayam lain atau ayam yang udah dewasa, supaya membawa dampak mentalnya lemah disaat bertarung. 
  • Ayam muda sering melaksanakan pertarungan demi merebut kepemimpinan pada satu dengan yang lain. 
  • Kesalahan paling akhir mengawinkan ayam muda terlampau dini, padahal usianya belum mateng. Baca: Kehebatan Ayam Jalak Emas Sebagai Ayam Laga 
Itulah lebih dari satu kesalahan yang wajib kamu hindari. Nanti juga tersedia kesalahan pelatihan ayam, tetapi bakal kita bahas di poin terakhir. Jadi baca saja sampai lengkap.

2. Menyiapkan kandang induk dan anak ayam bangkok

Saatnya ke perawatan ayam, udah menjadi perihal yang utama dan perlu adalah persiapan kandang. Induk ayam sebaiknya dipisah dengan anaknya. Karena jenis kandang mereka juga berbeda, untuk kandang induk ayam didesain sedikit terbuka supaya sinar matahari pagi bisa masuk dan mengenai induk ayam bangkok. Sedangkan kandang anak ayam bangkok didesain tertutup tetapi senantiasa hangat. Dengan begitu anak ayam bangkok bisa bertahan lama dan tidak enteng mati kedinginan.

Selanjutnya seandainya tersedia tidak benar satu ayam bangkok yang mental bertarungnya alami penurunan maka segera pisahkan dari teman temannya. Biarkan ia menyendiri dahulu untuk melakukan perbaikan kondisinya. Dan kamu wajib segera memberi tambahan asupan makanan supaya ia cepat pulih dan kembali siap bertarung.

3. Faktor makanan ayam bangkok muda wajib diperhatikan

Anda wajib rutin tiap tiap hari memberi makan ayam bangkok muda tetapi juga tepat pas cocok jadwal. Contohnya seandainya kawan akrab biasa memberinya makan pukul 7 pagi maka tiap tiap hari wajib rutin jam 7 pagi juga.

Lalu seperti apa makanan ayam bangkok?

Adapun soal jenis pakan ayam bangkok maka disesuaikan usia mereka. Dan kita udah memberi tambahan ulasan di bawah mengenai perawatan ayam bangkok di tiap tiap usia mereka beserta makanan yang tepat untuk pertumbuhannya.

Namun pakan yang paling baik untuk ayam bangkok adalah jagung dan beras merah. Bagi penggemar sabung ayam biasanya memberi tambahan tambahan vitamin dan nutrisi supaya menjadi petarung yang hebat. Mereka memberi multivitamin B kompleks dua hari sekali terhadap malam hari. Sebab, di malam hari situasi ayam sedang tenang, supaya multivitamin selanjutnya lebih enteng dicerna dan lebih cepat menjadi tenaga tarung untuknya.

Adapun untuk ayam bangkok yang sedang alami penurunan mental bertarungnya, udah tidak agresif kembali maka kita sarankan untuk memberinya makanan tambahan berwujud pakan hidup seperti jangkrik, kroto hidup dan anak tikus. Dengan begitu ayam bangkok kamu bakal segera pulih dan kembali agresif.

Baiklah selanjutnya kita bakal mengatakan satu persatu terkait perawatan ayam bangkok berdasarkan umurnya.

4. Merawat ayam bangkok usia 0 bulan

Menjadikan ayam bangkok kuat dan tangguh wajib di mulai perawatannya sejak dini yaitu pas menetas. Umumnya induk ayam mengerami telurnya hanya perlu pas 21 hari. Lalu setelah telur itu menetas maka diusia 1 hari biasanya biasa ayam wajib di tempatkan di sebuah wadah/box yang hangat dengan diberi lampu kecil sebagai layanan penghangat tubuh bayi ayam bangkok tersebut.

Untuk makanannya bisa diberikan konsentrat ataupun yang berukuran kecil kecil di didalam wadah.

5. Merawat anak ayam bangkok usia 1-2 bulan

Di usia 1-2 bulan, ayam bangkok merasa berkembang dan tentu saja kamu wajib sediakan area yang lebih besar kembali supaya ayam senantiasa nyaman. Berhubung ayam terlampau rentan terhadap penyakit, maka kita menginginkan supaya senantiasa merawat kebersihan kandang. Adapun pakan ayam usia 1-2 bulan, kamu bisa memberi tambahan poor dan kosentrat yang berukuran kecil serta vitamin yang menunjang perkembangan si ayam. Di samping itu kawan akrab juga wajib rutin memberinya makan dan minum tiap tiap hari supaya tumbuh kembangnya berjalan dengan lancar dan sempurna.

Atau lebih lengkap Anda bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cara merawat anak ayam bangkok supaya cepat besar dan menjadi juara.

6. Merawat ayam bangkok usia 3 bulan

Di usia 3 bulan ini, sifat asli ayam bangkok merasa terlihat. Ia merasa berupaya melawan dan bertarung dengan temannya untuk beroleh area kekuasaan. Sehingga terhadap usia tersebut, kamu udah bisa merasa melatihnya. Untuk makanannya kamu bisa memberi tambahan kosentrat ukuran besar, campuran beras, dedak dan jagung.

7. Cara merawat ayam bangkok usia 6-10 bulan

Seperti yang udah saya tulis di atas, supaya tidak tersedia pertikaian maka merasa usia 6 bulan ke atas, silakan ayam selanjutnya dipisah dengan yang lain. Khawatir kecuali berjalan sesuatu, gara-gara mereka belum benar benar terlatih dengan baik. Selain itu di usia 6 -10 bulan ini peluang kamu untuk mengawali pelatihan yang di mulai dengan relaksasi. Yakni melewatkan ayam bangkok nampak bebas dari kandang untuk mandi tanah.

Hal itu mempunyai tujuan supaya otot otot ayam bangkok tidak kaku serta bisa mengoptimalkan perkembangan tulangnya. Untuk makanannya, kawan akrab udah bisa memberinya pakan paduan dan vitamin yang memadai untuk menunjang sistem perkembangan tulangnya. Selain itu, usia 10 bulan di mana ayam bangkok udah merasa nyulam alias perkembangan bulu.

8. Memandikan ayam bangkok muda

Banyak yang beranggap remeh didalam perihal memandikan ayam, padahal kecuali ditunaikan asal asalan bisa mengakibatkan kerusakan bulu dan mutu bertarungnya. Maka dari itu ikutilah cara cara dari kita cara memandikan ayam yang benar:
  • Mandikan ayam terhadap pukul 8 pagi dengan cuaca sedang tidak hujan.
  • Siapkan air bersih dari sumur, jangan air hangat bisa mengakibatkan kerusakan jaringan perkembangan bulu ayam. 
  • Jangan Mengenakan sabun. 
  • Pegangi ayam, dielus elus sampai ia tenang. 
  • Ambil air sedikit, usap di bagian kepala. 
  • Siram dengan air dari leher sampai pangkal tengkuk. 
  • Ambil kain atau handuk lantas usap air yang tersedia di leher tadi sampai ke bagian ujung bawah (tujuannya supaya leher tidak terlampau banyak terkena air maka memadai diusap dengan kain atau handuk saja). 
  • Bersihkan area kloaka, di sana terkandung banyak kotoran maka wajib benar benar bersih.
  • Basuh punggung, ketiak, kaki dan sayap ayam dengan handuk yang udah dibasahi. Ingat memadai dilap saja jangan disiram air, gara-gara mengakibatkan kerusakan bulu dan keindahan warnanya. 
  • Terakhir, membersihkan dubur ayam sampai bersih. 
Itulah cara memandikan ayam yang benar. Mudahkan? Jadi agan wajib benar benar hati hati, jangan asal dicelupkan ke air atau disiram seperti memandikan manusia. Setelah mandi, keringkan ayam bangkok anda.

9. Menjemur ayam bangkok

Setelah mandi keringkan ayam dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Makanya kita sarankan memandikan ayam terhadap pukul 8 supaya habis mandi bisa dijemur. Masukkan ayam ke didalam kurungan, jangan lupa beri alas berwujud kayu atau bebatuan untuk hindari ayam guling guling dan kotor lagi. Kemudian menempatkan di luar rumah yang terkandung sinar matahari. Cukup jemur sampai pukul 10 pagi saja. Selebihnya, sinar matahari udah tidak punya kandungan vitamin D kembali yang baik untuk perkembangan tulang dan bulu ayam bangkok.

10. Melatih ayam bangkok muda

Semua perawatan yang tersedia di poin atas bisa membawa dampak ayam bangkok kamu sehat, bakal tetapi sehat saja belum cukup, kecuali kamu mengidamkan ayam aduan Anda tangguh dan kuat maka wajib melatihnya lebih-lebih dahulu. Lakukan latihan fisik seperti pernafasan dan otot, seandainya dengan melatih lompatan, kliter, renang dan lain sebagainya. Perhatikan juga kadar kesanggupan ayam kamu jangan terlampau berlebihan jadi bisa mengakibatkan kerusakan ayamnya.
Kesalahan melatih ayam bangkok muda: Baca: Ciri Ayam Pukul Saraf
  • Menjemur ayam terlampau lama
  • Memandikan ayam yang belum memadai umur 
  • Memandikan ayam Mengenakan air hangat 
  • Melatih ayam dengan cara mengangkat dan melemparnya ke udara 
  • Melatih ayam dengan barbel atau pemberat kaki 
  • Mengangkat ayam dengan memegang bulu ekornya 
  • Mengabar ayam belum memadai umur 
  • Mengabar ayam secara berlebihan 
  • Memilih lawan abar yang tidak sesuai 
  • Kurangny perawatan seusai latihan 
  • Kesalahan pas melagakan ayam 
Itulah lebih dari satu kesalahan yang wajib kamu hindari.

11. Melakukan sparing (abar) dengan ayam lainnya

Untuk menguatkan mental ayam dan pernapasan kalian bisa melaksanakan sparing pada ayam muda satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa mengasah mental dan teknik ayam bangkok menjadi juara, tetapi memperhatikan juga usia lawan, kecuali bisa wajib sepadan, tidak cuman itu durasi sparingnya memadai 5 sampai 10 menit saja.

Setelah selesai latihan sparing, maka ayam segera diistirahatkan selama 2 Pekan tetapi senantiasa melaksanakan perawatan yang baik seperti memandikan ayam, menjemur dan membuat sembuh bekas luka pasca sparing. Kemudian setelah 2 pekan Anda boleh melaksanakan sparing kembali yang kedua kalinya, dengan durasi yang lebih lama lebih kurang 15 menit. Ingat jangan memaksakan diri dengan memilih lawan yang lebih dewasa dan tangguh.

12. Memberikan jamu terhadap ayam bangkok

Pemberian jamu juga bagian dari perawatan ayam bangkok muda, gara-gara jamur bisa tingkatkan stamina dan gairah didalam bertarung. Akan tetapi pastikan jamu selanjutnya merupakan ramuan alami yang disita dari kunyit, madu dan gula merah. Selain kamu berikan juga nutrisi, vitamin atau suplemen tambahan supaya bisa mempercepat perkembangan ayam, biasanya suplemen atau vitamin selanjutnya dicampur dengan air minumnya.

13. Melatih lari ayam bangkok

Latihan lari merupakan latihan fisik yang bisa menunjang otot dan pernafasan, tersedia banyak cara bagaimana melatih lari terhadap ayam bangkok. Salah satunya dengan sediakan kurungan roda putar dan melewatkan ayam berlari melingkari alat tersebut. Akan tetapi banyak juga yang gunakan teknik manual, dimana ayam dikurung sedemikian rupa lantas dibuat berlari melingkari kurungan yang udah di sajikan tadi. Lakukan latihan lari ini selama kurang lebih 30 menit tetapi kecuali kurang dari itu udah kelelahan maka jangan dipaksakan.

14. Sediakan kandang isolasi untuk ayan bangkok muda

Arti dari kandang isolasi adalah kandang yang tertutup bebas penglihatan yang tersedia di luar kandang. Kandang ini digunakan manakala tersedia tidak benar satu ayam aduan berusia muda yang mentalnya lemah dan rusak, sampai tidak berani kembali bertarung atau lebih-lebih bergaul dengan ayam betina sekalipun. Maka sebaiknya ayam selanjutnya di tempatkan di didalam kandang isolasi selama lebih dari satu hari, biarkan dia memulihkan diri dan beroleh mental bertarungnya.


15. Kadangkala ayam bangkok diberi pakan alami

Seperti yang udah saya singgung diatas, untuk hindari kesalahan-kesalahan merawat ayam bangkok kamu wajib memperhatikan makanannya. Supaya lebih ganas dan agresif direkomendasikan bukan hanya diberi pakan buatan, tetapi bisa juga memberi tambahan pakan alami yang hidup seperti jangkrik dan kroto, tidak cuman menyehatkan makanan alami juga bisa tingkatkan agresivitas ayam.

16. Mencabut bulu anak ayam bangkok

Sebenarnya poin ini udah kita jelaskan di pembahasan cara merawat anak ayam bangkok tetapi mengapa kita ulangilah kembali. Bulu ayam yang terlampau banyak bisa menghambat perkembangan gara-gara nutrisinya tidak bisa terserap secara maksimal. Nah supaya nutrisi bisa terserap secara maksimal maka cabut bulu ayam, untuk ayam usia 3 minggu memadai dicabut di bagian ekor dan sayap. Kalau udah berusia 2 bulan cabut bagian dada dan paha.

17. Sabar dan disiplin pas merawat ayam bangkok

Inilah poin paling akhir yang terlampau terlampau penting. Perawatan dan pelatihan ayam aduan tidaklah enteng terbilang memadai rumit dan dibutuhkan sistem yang panjang, maka dibutuhkan kesabaran dan konsistensi yang ekstra untuk beroleh kunci kesuksesan. Jika botoh tidak bisa merawatnya maka silakan membeli yang siap bertarung atau udah menjadi ketimbang merawatnya dari kecil. Baca: Simbar Telak Ayam Bangkok

Baiklah demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara merawat ayam bangkok aduan muda yang baik dan benar supaya kuat dan sehat. Semoga bermanfaat, dengan ada tulisan ini bukan bermakna saya menganjurkan kamu mengadu ayam. Karena saya sendiri senang pelihara ayam bangkok bukan untuk diadu tetapi dijadikan hobi saja. Oke see u next time!

Artikel Menarik Lainnya: