Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kehebatan Ayam sisik Batu Lapak

Sisik batu lapak ayam bangkok memang lah dipercaya kehebatannya. hal ini tertulis dalam kitab kuno atau primbon jawa. mau tau kehebatan ayam sisik batu lapak? simak disini!

Katuranggan sisik ayam bangkok memang diandalkan  mempunyai kesitimewaan tersendiri dikalangan pecinta ayam aduan. Dimana sisik menjadi salah satu hal penting dalam menilai kualitas bertarung ayam tersebut. Bahkan sering orang yang memakai sisik ini sebagai acuan guna mendapatkan ayam yang mereka inginkan. Katuranggan sisik ayam batu lapak ini juga dipecah menjadi beberapa jenis yaitu sisik batu lapak, sisik batu karang, sisik batu rantai dan beda sebagainya.

Pada dasarnya seorang pecinta ayam bangkok tentunya sudah mengenal masing-masing katuranggan sisik ayam batu lapak ini. Apalagi untuk orang jawa dimana pembahasan tentang katuranggan ayam sisik batu lapak ada dalam sekian banyak  naskah kuno seperti Kitab Primbon Jawa. Didalam buku primbon jawa ini dimuat ciri ciri serta keistimewaan masing-masing katuranggan sisik ayam tersebut. Namun barangkali saja tidak seluruh orang paham denga katuranggan sisik ayam jenis batu lapak ini lagipula bagi mereka yang bukan orang jawa.

Kehebatan Ayam sisik Batu Lapak

 Kutipan buku primbon jawa tentang Kehebatan ayam Sisik Batu Lapak:

”Sisik kang ana katel sikil karo pisan, aran Batulapak, wateke nglemerake mungsuh.” Ada sisik dikedua telapak kakinya, disebut Batu-lapak, memiliki watak yang dapat membuat musuh tidak berdaya, tidak bertenaga (klemer-klemer).

Ciri Ciri Dan Keistimewaan dan Kehebatan Ayam Sisik Batu Lapak

Seperti apakah ciri ciri dan bentuk sisik batu lapak ini?. Ciri-ciri katurangan batu lapak dapat dilihat dari sisik kaki yakni ada sisik tepat di bawah telapak kaki ayam yang jarang terjadi pada ayam normal. Sisik-sisik yang ada di bawah kaki layaknya sisik yang ada di unsur atas kaki. tidak sedikit yang menafsirkan sisik batu lapak sama dengan batu rantai, pasti jelaslah berbeda. andai batu lapak sisik berada tepat di tengah telapak kaki, sementara batu rantai sisi sedang di bagian bawah jari-jari ayam.

Lalu apa saja keistimewaan dari sisik ini? Keistimewaan dari Sisik Batu Lapak ini ialah ketika berlaga di arena sabung ayam. Tenaga maupun pernafasannya secara langsung bakal pulih kembali sesudah kaki Ayam menyentuh air. Kejadian ini dapat di kategorikan tergolong kejadian mengherankan dan barangkali sulit di terima akal sehat. Mungkin beberapa orang awam memahami kejadian ini memandang melulu mitos belaka, tetapi pada fakta di lapangan kejadian ini memang benar-benar terjadi laksana yang diperoleh dari sejumlah pengalaman dan dari sekian banyak  sumber.

Kekuatan pukulanya pun sangat keras. Para botoh dan peminat ayam aduan mayoritas sangat meyakini akan kelebihan katurangan dan primbon Jawa mengenai ayam aduan khususnya ayam bangkok. Keyakinan tersebut memanglah terbukti benar dan tidak sedikit dirasakan oleh banyak sekali dari mereka. Katurangan ialah ciri-ciri tertentu pada ayam aduan yang dirasakan ayam yang mempunyai katurangan mempunyai keistimewaan tersendiri.

Selain tersebut ayam ini mempunyai kekuatan yang spektakuler dan dapat menumbangkan lawan dengan singkat. Dipercaya ayam dengan katurangan ini mempunyai reputasi yang bagus dan mental jawara. Banyak kejadian ketika ayam ini bertanding sering lawan menjadi fobia sebelum bertanding. Ayam dengan katurangan batu lapak seringkali mempunyai kemistri yang spektakuler dan tampak gagah. Ayam dengan katuranggan sisik batu lapak diakui akan mempunyai pukulan yang dapat menyingkirkan tenaga lawannya.

Artikel lain:

Demikianlah pembahasan kita tentang Kehebatan Ayam Sisik Batu Lapak menurut Primbon Jawa pada kesempatan kali ini. Semoga dapat meningkatkan wawasan kita tentang dunia ayam aduan khususnya ayam bangkok yang peminatnya cukup tidak sedikit saat ini. Salam satu hobi.