Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beternak Kambing Bagi Pemula Supaya Untung Besar, Buktikan!


Halo Sobat Sidomulyo Farm kali ini saya dapat membawa dampak artikel yang membicarakan mengenai cara beternak kambing bagi pemula supaya untung besar. Mungkin kalian sudah pernah mendengarnya, namun pasti beberapa dari kalian tadiak jelas caranya untuk beternak kambing. Nah pada artikel ini saya dapat membicarakan mengenai cara beternak kambing yang menguntungkan.


Memulai usaha pada bidang peternakan adalah salah satu cara yang tepat untuk beroleh banyak keuntungan. Bidang peternakan terlampau banyak digemari sebagai ladang usaha sebab permintaan dari pasar dan industri kuliner kala ini sedang meningkat.

Peternakan kambing merupakan salah satu lahan mengolah yang dibutuhkan pasar kuliner dan industri makanan untuk menyuplai bahan makanan olahannya.

Kambing merupakan salah satu dari banyak type hewan ternak yang beruntung untuk berbisnis. Dagingnya banyak digemari oleh berbagai kalangan, apalagi dari tingkat masyarakat lokal hingga internasional.

Sebenarnya beternak kambing sudah jadi aktivitas lazim yang dikerjakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat di pedesaan. Kambing jawa merupakan salah satu hewan ternak kambing yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat pedesaan. Akan tetapi, mereka melakukannya cuma sebagai usaha sampingan saja.

Jadi pendapatan yang dihasilkan dari beternak kurang memuaskan. Nah, artikel ini cocok untuk anda yang inginkan membuka usaha peternakan kambing. Karena pada artikel ini saya dapat sharing informasi megnenai cara beternak kambing yang baik agar cepat beruntung dan sukses, tentunya.

Mengenal Kambing 

Capra aegagrus hircus/ Kambing ternak merupakan salah satu subspesies kambing yang dipelihara atau dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur. Hewan ini merupakan anggota dari keluarga Bovidae.

Terdapat lebih 300 type kambing yang berbeda-beda. Pada masa yang telah lama sekali kambing sudah di ternakkan untuk daimbil daging, susu, bulu, dan kulitnya. Pada th. 2011, populasi kambing di semua dunia meraih 924 juta menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hewan ini merupakan binatang herbbivora. Capra aegagrus hircus /Kambing ternak adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (Turki) dan Eropa. Kambing jantan dan betina membawa tanduk, namun kambing jantan lebih besar.

Umumnya, kambing membawa janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan biasanya berrambut lurus dan kasar. Kambing mempunyai panjang tubuh kira-kira 1,3 — ,1,4 meter, dan ekornya 12–15 cm.

Bobot kambing betina 50 kilogram — 55 kilogram, sedangkan yang jantan sanggup meraih 120 kilogram. Kambing liar tersebar dari Spanyol ke timur hingga India, dan dari India ke utara hingga Mongolia dan Siberia. Habitat yang disuka adalah tempat pegunungan yang berbatu.

Kambing dibudidayakan manusia kira-kira 8000 hingga 9000 th. yang lalu. Biasanya, kambing hidup berkelompok 5 hingga 20 ekor. Saat mencari makan group kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua. Sementara kambing yang jantan jadi pengawal.Makanan utamanya adalah rumput dan daun. Baca: Manfaat Kencur untuk Ayam bangkok

Cara Beternak Kambing Bagi Pemula

1. Pemilihan Bibit

Sebelum memilih bibit kambing anda wajib memilih type kambing yang dapat anda budidayakan dahulu. Berikut type kambing yang tenar di Indonesia :

A. Kambing Etawa
Kambing ini sanggup dijadikan sebagai kambing pedaging maupun perah. Ciri-cirinya mempunyai badan yang besar, dahi dan hidung nampak cembung, telinga panjang ke bawah, dan tanduknya pendek.Tinggi kambing jantan meraih 127 cm dengan bobot 91 Kg, sedangkan betina cuma meraih 92 cm dengan bobot 63 Kg.

B. Kambing Gibas / Domba
Ciri-ciri domba adalah mempunyai bulu tidak tipis di semua tubuh, mempunyai wara bulu putih, sebab setiap tempat jenisnya berbeds jsdi tersedia yang mempunyai tanduk dan tersedia yang tidak, bobot pejantan kira-kira 50–100 kg, sedangkan betina cuma kira-kira 20–50 kg.

C. Kambing Kacang / Jawa
Ciri cirinya berbulu pendek dengan warna putih/hitam/coklat dan tersedia terhitung yang campuran. Baik jantan maupu betina mempunyai tanduk seperti pedang, telinganya pendek menggantung, terkandung janggut pada pejantan, dan memilki bulu panjang di sepanjang garis leher hingga ekor dan pantat.

Setelah anda memastikan kambing mana yang dapat diternak, anda terhitung wajib memperhatikan syarat pemilian bibit yang baik. Berikut syaratnya :
  1. Kambing berumur 6–8 bulan.
  2. Berekor gemuk.
  3. Garis pinggang dengan garis punggung wajib lurus.
  4. Bulu bersih.
  5. Badan panjang, tekankan jantan
  6. Sehat, tidak cacat, tidak buta, hidung dan anus bersih.

2. Membangun Kandang

Dalam membangun kandang, usahakan kandang yang nyaman untuk kambing agar memudahkan anda dalam memelihara dan mengawasinya. Kandang yang bagus adalah kandang type panggung (modern). Kelebihan dari type ini adalah memudahkan anda dalam memberi pakan, membersihkan kotoran, megawasi dan lainnya.

Berikut tips dalam membangun kandang :
  1. Jarak dari rumah sekurang-kurangnya 10m.
  2. Kokoh.
  3. Usahakan beroleh sinar matahari dan jauh dari rumah warga.
  4. Tidak lembab dan enteng dibersihkan.
  5. Sirkulasi hawa dalam kandangdan kandang pejantan disendirikan (kecuali kalau rela dikawinkan).
  6. Sebaiknya memakai kandang panggung dengan tinggi 0.5 m.

3. Pemberian Pakan

Kambing, Pakan utamanya adalah hijauan dengan kebutuhan sehari 5–7 kg per ekor. Sedangkan untuk menambah laju pertumbuhan dan penggemukan, anda perlu pakan tambahan yang berupa konsentrat. Untuk takarannya sehari tiap kambing perlu pakan tambahan sebanyak 0,5 kg dengan dicampur dedak atau bekatul.

Pakan kambing diberikan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Konsentrat sebaiknya diberikan sebelum saat pakan hijauan. Jangan lupa untuk mengimbuhkan komboran pada kambing yaitu berupa bekatul di campur air, pemberiannya pada sore hari. Serta vitamin untuk menambah kekuatan tahan tubuh dan kurangi bau kotorannya.

4. Perawatan

Untuk menolong pertumbuhan kambing yang baik, maka kalian wajib jalankan perawatan kandang tempat kambing dipelihara, seperti membersihkan kotoran dan sisa makanannya. Minimal 2 kali seminggu.

Hal yang tidak boleh kalian kesampingkan adalah senantiasa memelihara kambing jawa agar kesehatannya terjaga. Jika hingga kambing terkena penyakit, maka tumbuh kembang kambing dapat terkendala apalagi membawa dampak kematian. Maka dari itu kalian wajib mengimbuhkan vaksin maupun obat obatan kepada kambing.

Untuk menjamin kesuksesan usaha ternak, kambing terhitung perlu perawatan. Perawatan ternak sanggup berupa memberi makan dan minum, pencukuran bulu, pemotongan kuku. Mandikan kambing sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun. Ternak yang jarang dimandikan dapat lebih enteng diserang penyakit yang disebabkan bakteri dan jamur. Baca: Mengenal Ayam Aduan Magon & Kelebihan Dalam Laga

6. Pemanenan

Pemanenan sanggup dikerjakan disaat kambing yang sudah menginjak umur dewasa (poel / gigi ompong), yaitu umur kira-kira 8–12 bulan. Panen kambing dikerjakan setiap tahun. Harga jual kambing mulai dari 1,2 juta hingga 4.5 juta, namun terhitung tergantung type kambingnya. Kambing yang mempunyai harga jual tinggi adalah kambing etawa.

Usahakan jaman panen kambing per th. bebarengan dengan Hari Raya Idul Adha atau hari besar lainnya, agar harga jual kambing jadi lebih tinggi dan keuntungan yang didapatkan lebih banyak.
Itulah cara beternak kambing yang baik. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup menolong dan menambah wawasan anda dalam beternak kambing kacang. Sampai jumpa di artikel lain.