Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kasifikasi Dan Macam-macam Jenis Ikan Platy

Ikan Platy mempunyai nama ilmiah Xiphophorus Maculates, ikan ini berasal berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Utara. Jenis ikan Platy termasuk ikan bersama ukuran mungil, panjang badannya melulu hingga 5 cm saja. Ikan Platy lazimnya dijadikan ikan hias pengisi aquarium, ini karena sifat berasal dari ikan Platy yang ramah dan tidak agresif.

Perawatan ikan Platy pun tergolong mudah, pakan mampu diberikan berupa pakan alami maupun pakan buatan.Ikan ini mampu bertahan hidup terhadap air bersama suhu antara 20°C-26°C bersama pH sepanjang 7,0 -8,0. Ikan Platy amat cocok dipelihara didalam aquarium, ikan ini membawa sifat yang mudah beradaptasi bersama sekian banyak  lingkungan lokasi hidupnya. Ikan Platy menyenangi habitat bermukim bersama tidak sedikit tanaman air sebagai lokasi berenang, bermain dan berkembang biak.

Klasifikasi Ikan Platy

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cyprinodontiformes
Family: Poeciliidae
Genus: Xiphophorus
Species: Xiphophorus Maculates

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina

Ikan Platy, terhadap dasarnya membawa perbedaan yang mampu bersama mudah dicermati bersama mata. Secara kasat mata terkandung 2 urusan yang mampu kamu menyaksikan untuk mengetahui perbedaan ikan Platy jantan dan ikan platy betina :

Ikan Platy jantan membawa gonopodium yang terdapat terhadap sepanjang sirip perutnya, saat terhadap ikan Platy betina tidak membawa gonopodium tersebut.
Ikan Platy jantan mendambakan membawa ukuran tubuh yang lebih kecil dikomparasikan bersama ikan Platy betina. Dibeberapa tipe ikan Platy, warna terhadap jantan mendambakan lebih mudah nampak berasal dari terhadap betinanya.

Jenis - Jenis Ikan Platy

Ikan mungil ini punya tidak sedikit variasi jenis. Variasi ini seringkali dikelompokan menurut warna, format tubuh, pola warna dll. Beberapa tipe ikan Platy yang lumayan kerap dijumpai ialah sebagai berikut.

Platy Color Variations

Platy adalahsalah satu tipe ikan air tawar yang berwarna-warni. Warna ikan platy berkisar berasal dari kuning pucat hingga hitam pekat bersama sekian banyak  pola dan motif. Nama-nama ikan Platy menurut variasi warnanya pun paling beragam. Umumnya ikan Platy membawa lebih berasal dari 1 warna bersama perpaduan corak dan pola terhadap badannya. Beberapa tipe warna yang mampu dijumpai terhadap ikan Platy ialah sebagai berikut;
  • Hitam
  • Putih
  • Biru
  • Coklat
  • Emas / Kuning
  • Hijau
  • Merah

Platy Wagtail



Ketika kamu menyaksikan ikan Platy yang membawa warna ekor dan sirip berwarna hitam, berarti kamu tengah menyaksikan ikan Platy bersama sebutan Wagtail. Warna merah dan kuning ialah warna yang tidak jarang berpadu bersama pola wagtail. Namun sebetulnya wagtail mampu berjalan terhadap seluruh tipe warna terhadap ikan Platy. Tak jarang kadang-kadang kita mengejar ikan Platy Wagtail bersama paduan warna biru ataupun hijau.

Platy Mickey Mouse


Penamaan figur kartun disney Mickey Mouse ini mengacu terhadap pola yang dipunyai ikan Platy. Pada tipe ini, ikan Platy akan membawa warna hitam bersama pola layaknya format kepala Mickey Mouse. Jenis ini lumayan digemari seluruh pengagum ikan hias terlebih ikan Platy.

Platy Tuxedo


Untuk mengantarai tipe ikan Platy Tuxedo bersama tipe lainnya ialah berasal dari aspek warnanya. Platy Tuxedo mendapat namanya berasal dari format warna hitam terhadap unsur samping tubuhnya yang sama tuxedo. Kombinasi warna hitam terhadap tipe ini paling beragam.

Platy Pelangi


Sesuai namanya, Platy tipe ini membawa paduan tidak sedikit warna laksana pelangi. Warna yang ada terhadap tipe ini tidak jarang kali amat sama warna pelangi, dimuai berasal dari warna yang lebih gelap dan terus bergradasi ke warna yang lebih terang. Salah satu variasi Platy bianglala yang lumayan populer ialah platy bersama warna yang mudah nampak dan biasa dinamakan bersama Platy Neon.

Platy Hifin


Platy Hifin tergolong tipe yang lumayan mudah didatangi dipasaran. Platy Hifin membawa sirip dorsal berupa memanjang dan mencolok. Seperti terhadap tipe Platy lainnya, Platy Hifin pun membawa paduan bersama sekian banyak  warna. Namun sirip dorsal yang memanjang ini seringkali rentan terhadap serangan penyakit terlebih ketika ikan menjadi stress. untuk pemilik tipe Hifin, terkandung baiknya tidak jarang kali mencermati keadaan kesegaran ikan dan langsung beri pemberian andai menyaksikan gelagat yang tidak biasa terhadap ikan.

Platy Pintail


Jenis Platy Pintail termasuk lumayan mudah dikenali. Varian ini termasuk tidak sedikit ditemui dipasaran, kendati tidak sejumlah tipe Hifin. Salah satu karakteristik berasal dari Platy Pintail ialah wujud sirip ekornya yang bertolak belakang berasal dari tipe lain. Platy Pintail membawa sirip ekor bersama unsur tengah yang memanjang dan runcing. Beberapa orang menyinggung varian ini sebagai Platy ekor pedang.

Ikan Platy tidak jarang kali diserupakan bersama ikan Molly, kendati sekilas sebetulnya sama tapi kalau diacuhkan ke dua ikan ini jauh berbeda. Pada kesempatan berikutnya akan cobalah dibicarakan perihal perbedaan ikan Platy dan ikan Molly. Agar tidak keliru lagi didalam mengetahui mana yang ikan Platy dan mana yang ikan Molly.

Artikel Menarik Lainnya: