Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Beberapa Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas

Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas- Beternak adalahsalah satu urusan yang sangat umum dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan tambahan yang bermanfaat. Karena beternak meminta masa-masa luang kamu untuk kesudahannya sibuk, dan tentunya urusan ini sangat berfungsi sekali sebab kebanyakan beternak dapat menjadi bisnis sampingan. Salah satu gaya berbisnis yang tidak jarang dijumpai ialah beternak ayam, baik guna jenis ayam lokal, ayam pedaging maupun ayam petelur. Tetapi yang sangat banyak ialah memilih beternak ayam petelur, yaitu berbisnis daripada telurnya yang dapat dijual dan di setorkan ke toko atau pengepul.

ayam mengeram

Dalam urusan ini, pasti akan tidak sedikit resiko yang dirasakan pelaku dan tidak seluruh hal dilewati dengan mulus. Sebut saja laksana yang akan dikatakan kali ini mengenai Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas. Ya, persoalan yang terkaitdengan keyword tersebut mengarah sekali pada sejumlah peternak ayam petelur. Sebelum sudah tidak sedikit disampaikan yaitu beberapanya seperti teknik memilih bibit Ayam Petelur dan atau teknik beternak Ayam Petelur tanpa kandang.

Telur-telur yang tidak bisa menetas memang paling menjadi urusan yang menyebalkan dan memunculkan tanda tanya besar. Padahal mungkin kamu berfikir sudah menyerahkan perawatan terbaik dan telaten. Ini ialah hal yang wajar, dan bahkan seluruh orang tentu mengalaminya. Sehingga kamu harus perlu menggali tahu apa penyebabnya. Ada sejumlah orang berpikir lantaran dari sisi pakannya. Mungkin tulisan tentang guna ampas mengkudu guna Ayam Petelur dapat membantu anda.

Tidak gampang mengenai sejumlah hal yang menjadi Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas, namun kamu dapat menyimaknya inilah ini:

1. Adanya Ayam Pejantan

Sudahkah kamu menyelidiki, apakah terdapat ayam pejantan? Nah, yang perlu kamu perhatikan ialah melihat situasi yang terdapat tersebut. Apabila ada, pastikan apakah sudah lumayan usianya. Karena umur ayam yang terlampau muda atau terlampau tua seringkali kurang subur sampai-sampai memengaruhi daya tetas telur dari ayam-ayam lainnya.

2. Jenis Pakan

Di samping poin di atas, makanan ayam juga dominan terhadap kesuburan telurnya sampai-sampai memengaruhi daya tetas. Untuk menambah daya tetas dari si ayam, berikan makanan yang berisi tidak sedikit protein dan pastikan kamu sudah menyerahkan serta pakan ekstra bernutrisi. Salah satunya yaitu seperti teknik membuat probiotik guna ayam petelur berikut.

3. Tempat yang Kurang Nyaman

Perhatikanlah lokasi tidur si ayam alias lokasi untuk mengerami. Kebanyakan orang memang memilih jerami, tetapi sebenarnya lebih enak menggunakan sejumlah kain yang diletakkan lumayan tebal. Hal tersebut karena meskipun si ayam terbiasa dan cocok, jerami tidak sedikit mendatangkan fauna kecil yang dikenal ‘gurem’. Sedangkan kain akan menciptakan ayam nyaman. Tingkat kenyamanan berikut yang memprovokasi daya tetas si ayam tersebut.

4. Suhu Pengeraman Kurang Sesuai

Penyebab lainnya yang mesti diketahui pun yakni mengenai suhu pengeraman yang tidak cukup sesuai. Ini terjadi di banyak sekali orang yang menetaskan pada mesin tetas, yang mana mesti kamu ketahui bahwa suhu fluktuatif lantaran salah set termostat atau tidak sedikit kebocoran pada mesin tetas seringkali akan menyebabkan telur tidak menetas.

Sedangkan pada musim tertentu, terdapat kutu yang tidak jarang hinggap pada ayam mengeram, ini mengganggu fokus ayam mengeram sampai-sampai daya tetas menurun alias tidak berhasil  menetas. Misal seperti saat musim hujan, sebagai berikut cara mengasuh ayam petelur di musim hujan.

5. Rasio Ayam Jantan dan Betina

Mengenai rasio, idealnya guna ayam jantan betina indukan 1 jantan dan 6 betina. Sedangkan pada jenis ayam arab dapat mencapai 1 jantan dan 8 betina. Rasio yang terlampau besar, seperti contohnya 1 jantan dan 15 betina bakal menurunkan daya tetas telurnya. Ini yang mesti dipertimbangkkan betul sebab logikanya ayam jantan tidak dapat mengawini seluruh betina. Bahkan dalam rasio yang banyak, dapat jadi terdapat ayam betina yang tidak sama sekali dikawin oleh ayam jago.

6. Telur Ayam Terlalu Lama Dalam Penyimpanan

Sebaiknya bila kamu melihat ayam bertelur, sejumlah yang bisa kamu jual ambil saja dan tinggalkan sejumlah untuk ditetaskan bila kamu ingin menggandakan ayam dan menyaksikan hasil tetasan. Salah satu urusan lainnya yang adalahbagian dari Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas ialah terlalu lamanya kamu menyimpannya.

Mungkin pada ketika bertelur kamu bermakud menyimpannya terlebih dahulu dan akan dibalikkan ketika hendak di tetaskan. Salah besar, sebab usahakan kamu sudah terlebih dahulu meninggalkan sejumlah untuk di tetaskan sang betina.

7. Riwayat Telur yang Sudah Tidak Subur

Penyebab yang lainnya, telur-telur yang tidak menetas sudah memiliki riwayat tidak subur atau dikenal dengan infertile egg. Telur yang telah tidak subur tersebut sudah diinkubasi yang mana mempunyai piringan benih atau blastodisc (lapisan jaringan embrio), tanpa firasat adanya darah.

 8. Terlalu Cepat Menetas

Terlalu cepat menetas sebelum masanya menciptakan telur akhirnya malah gagal menampakkan wujud anak-anak dari sang induk. Kegagalan telur yang menetas akan menyerahkan hasil laksana bau busuk dan gumpalan darah separuh anak ayam yang belum terbentuk yang mana ini semua pun penyebab dari telur ayam tidak bisa menetas dengan baik

Itulah sejumlah penyebab dari telur ayam yang tidak bisa menetas, demi mengawal kesehatan dan tingkat produktivitas yang baik dari ayam petelur, teknik pemberian vaksin ayam petelur ini bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.