Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Anjing Pom Untuk Pemula


Anjing Pom adalah salah satu ras anjing mainan yang paling terkenal karena kecerdasan dan selera humor mereka dan wajah seperti boneka dan rubah. Sifat anjing pom imut ini mudah dikenali, karena bulu yang indah membuat anjing ini sedikit orang. Berikut ini beberapa cara bagi pemula untuk merawat anjing Pom:

Cara memelihara anjing Pom pemula  

1. Bersihkan telinga pompon

Bersihkan pompon secara teratur dengan kapas yang dicelupkan ke dalam pembersih non-alkohol. Angkat telinga pompon untuk mengamati kulit bagian dalam, lalu bersihkan. Jangan memasukkan ujung kapas atau kapas ke dalam saluran telinga. Jika anjing bergerak tiba-tiba, alat pembersih dapat masuk ke dalamnya dan merusak telinga anjing. Pastikan untuk menggunakan pembersih non-alkohol, karena tidak akan menyengat seperti pembersih alkohol.

2. Pemangkasan kuku secara teratur

Gunakan teknik mengangkat telapak kaki dari belakang untuk memotong kuku anjing dengan hati-hati, dan kemudian membiarkan anjing menekuk sendi. Tentukan juga bagian potongan cepat, dan biarkan kuku 4 sampai 5 mm untuk melindungi bagian tersebut, karena jika bagian potongan cepat anjing dilepas, mungkin akan berdarah. Gunakan gunting anjing khusus untuk memotong kuku Anda. Jika Anda secara tidak sengaja mencukur kuku yang terlalu pendek, Anda juga perlu menyiapkan obat hemostatik untuk menghentikan pendarahan.Pikirkan tentang kuku anjing agar menjadi halus, dan pastikan untuk memuji anjing setelah bercukur, sehingga ia dapat terbiasa mencukur kukunya.

3. mandikan pom

Cobalah untuk memandikan bulu anjing sebelum memotong rambut Anda untuk mencegah gunting menjadi tumpul karena minyak telah menumpuk di rambut anjing. Minyak pada anjing berbulu jarang digunakan, jadi kecuali tubuh berbulu benar-benar kotor, bulu harus dimandikan setiap 3 bulan.
Letakkan karpet atau handuk anti selip di bagian bawah bak mandi dan isi dengan air hangat. Rendam anjing dan gunakan wadah kecil untuk perlahan-lahan menuangkan air ke anjing. Basahi seluruh tubuh anjing dan hindari elemen telinga dan mata.

4. Oleskan sampo dan bilas

Gunakan sampo khusus untuk mengaplikasikannya pada busa dan pastikan bahwa itu menutupi seluruh tubuh anjing dan pijat sambil menjaganya tetap rata. Mulai dari awal hingga akhir, rambut diklasifikasikan menurut bagian-bagian tubuh, yang terbagi menjadi perut, ekor, kaki dan telapak tangan.
Terus bilas sampai bersih karena tidak menyebabkan iritasi. Gunakan sembarang semprotan atau pancuran untuk membuatnya lebih mudah menyentuh semua kulit untuk membersihkan semua penyeimbang sampo.

5. Sikat gigi

Gigi anjing yang berbulu halus harus disikat untuk mencegah kerusakan. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus untuk anjing dan bersihkan secara menyeluruh. Jika pom tidak menyukainya, cobalah 5 menit sehari, jangan menggosok terlalu keras, karena mengunyah permen karet adalah yang paling sensitif.

6. Menyediakan akomodasi yang baik

Ini juga menyediakan tempat tinggal yang nyaman untuk memastikan bahwa bulu tidak terlalu berisik, dan tidak memiliki benda tajam dan bau yang kuat, sehingga tidak perlu ditekan. Pilih kandang pompon dengan sirkulasi udara yang baik untuk melindungi pompon dari bernafas. Tambahkan mainan atau bantal sebagai alas tidur agar pompon selalu hangat.

7. Berikan makanan terbaik

Anjing Pom harus mendapatkan makanan terbaik dan kaya akan nutrisi seperti daging cincang lunak dan susu. Anjing pom harus makan 3 kali sehari. Pastikan Anda membeli makanan yang berbobot dan berkualitas tinggi, tidak mengandung bahan-bahan berlebih lainnya, dan tidak dapat menyediakan makanan manusia, terutama makanan cepat saji, karena kandungan garam dan gula terlalu tinggi, yang biasanya tidak baik pada anjing.

8. Berikan tempat yang nyaman untuk beristirahat

Pom benar-benar membutuhkan tempat tidur yang nyaman, bersih dan kering. Jika anjing jarang bermain di luar, pastikan anjing memiliki tempat berlindung, terutama dalam cuaca hujan, terlalu panas atau terlalu dingin. Sedangkan untuk anjing Pom yang suka bermain di kandang dan di rumah, pastikan ia memiliki posisi istirahat yang nyaman.

9. Biarkan Pom bergerak bebas

Pastikan untuk berjalan dengan pom setidaknya selama 20 menit, ini adalah operasi yang sangat mendesak. Dan pastikan bahwa bahkan di halaman belakang, anjing dapat bergerak bebas tanpa menahan diri.

10. Pelatihan untuk menghilangkan kotoran

Latih pom untuk kencing mendesak untuk menjaga kesucian rumah sehingga Anda bisa menjalin hubungan dengan pom. Awalnya mungkin terasa sulit, tetapi harus dilanjutkan sampai buang air kecil dengan sendirinya. Setiap kali Anda buang air besar dalam waktu yang lama, letakkan urinoir dalam posisi yang sama. Ia akan mengerti apakah ini adalah tempat di mana feses dapat ditangani. Ketika anjing tidak bisa melakukan ini, ia harus menghindari memarahinya, karena anjing itu sebenarnya bingung dan tidak tahu banyak.

11. Buang kelebihan rambut di area tertentu

Mata, telinga, telapak kaki dan rambut di dekat bagian belakang harus dicukur secara teratur. Menggunakan alat pemotong listrik dapat memudahkan memotong rambut di dekat alat kelamin dan memotong rambut. Baca instruksi untuk menggunakan alat pemotong untuk memastikan bahwa alat tersebut tidak disalahgunakan.

12. Undang anjing untuk bermain dengan lembut

Cara yang sangat efektif untuk mencegah anjing menggonggong dan menggigit adalah dengan mengabaikan anjing ketika kinerjanya buruk (seperti menggigit atau menggonggong saat mencari perhatian). Ketika Anda mengabaikan pom nakal, dia akan mengerti apakah perlu untuk menarik perhatian dengan sikap yang lebih baik dan lembut. Saat pom menjadi ramah, berikan hadiah dan pelukan untuk menginspirasi hati anjing.

Artikel Menarik Lainnya:



Itulah komentar tentang bagaimana pemula memelihara anjing. Semoga bermanfaat.