Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Baik dan Berkualitas

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok Yang Baik dan Berkualitas. Kita tentu sudah memahami bahwa ayam adalah salah satu komoditas peternakan yang dapat menyerahkan hasil hemat tinggi untuk peternak sebab tingginya keperluan di masyarakat. Ternyata di samping sebagai hewan konsumsi, terdapat jenis ayam yang pun dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan laksana contohnya ayam bangkok. Ayam bangkok sendiri tidak saja sebagai hewan peliharaan biasa tetapi dirawat supaya dapat bertarung dan menang saat diadu. Dalam proses perawatan ayam bangkok tersebut, ada sejumlah hal yang sepatutnya diacuhkan pada empunya ayam yang salah satunya ialah kandang. Berikut sejumlah cara menciptakan kandang ayam bangkok yang baik dan berbobot | berbobot | berkualitas sehingga menolong proses perawatan ayam menjadi lebih gampang dalam penjelansan dibawah ini.


Tentukan jenis kandang yang bakal dibuat

Hal kesatu yang perlu diacuhkan dalam proses penciptaan kandang guna ayam bangkok ialah jenis kandang yang akan diciptakan bersangkutan dengan kebutuhannya apakah ayam bangkok itu akan diternakkan atau hanya diasuh saja. Peternakan ayam bangkok memerlukan kandang yang tidak sedikit sedangkan andai hanya diasuh saja maka lumayan membutuhkan satu kandang yang bisa dipindah pindah.

Penentuan tempat dimana kandang bakal berada

Sebelum menciptakan kandang ayam bangkok maka urusan yang mesti dipersiapkan dan telah jelas semenjak awal ialah lokasi dimana kandang itu akan berdiri. Lokasi kandang guna ayam bangkok usahakan berjarak tidak cukup lebih 5 meter dari lokasi tinggal dan jauh dari kandang ayam lainnya, kontur tanah datar dan tidak sedikit pepohonan, serta kandang usahakan menghadap ke sinar matahari langsung saat pagi guna mempermudah proses penjelmuran ayam bangkok. (Baca pun : tanda ayam bangkok siap bertarung)

Pemilihan format kandang

Ada sejumlah bentuk kandang yang dapat pakai untuk merawat ayam bangkok dengan keunggulan dan kekurangannya masing masing dicocokkan dengan keperluan pemilik atau peternak ayam. Beberapa format kandang ayam yang bisa dipilih diantaranya laksana :
  • Kandang postal, adalahjenis kandang dengan penghangat yang dindinnya bersekat kawat dan seringkali khusus dipakai untuk ayam bangkok yang masih anakan.
  • Kandang tidur, jenis kandang yang dipakai untuk istirahat ayam dimalam hari dimana bentuknya bertingkat dan unsur bawahnya seperti lokasi tinggal panggung.
  • Kandang umbaran satuan, kandang umbaran ini lumayan multifungsi sebab dapat dipakai unutk umbaran kawin, dan pembesaran anakan ayam. Yang butuh diperhaitkan dari kandang ini ialah alasnya yang terdiri dari pasir dan tanah yang gunanya untuk menyusun cakar dari ayam bangkok.

Pemilihan bahan dan penciptaan sketsa

Setelah ukuran dan format kandang dipilih maka tahapan selanjutnya ialah membuat sketsa guna kandang itu sebagai bahan acuan dalam proses penciptaan kandang. Bahan yang dipakai dalam teknik membuat kandang ayam bangkok dicocokkan dengan keperluan dan format kandang yang bakal dibuat.


Pembuatan kandang ayam bangkok

Jika seluruh pertimbangan yang dilafalkan diatas sudah digarap maka penciptaan kandang ayam bangkok dapat dilaksanakan menyesuaikan dengan sketsa gambar yang telah dibuat. Dalam proses penciptaan tetap mesti dievaluasi apakah telah tepat dengan keperluan dalam merawat ayam bangkok.