Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengetahui Ciri Induk Ayam Petelur yang Menghasilkan Telur Berkualitas dan Banyak

Salah satu upaya untuk telur kualitas produk dan banyak ayam petelur adalah penggunaan berkualitas dan mampu menghasilkan hasil yang diinginkan produksi tersebut. Bahkan, kemampuan ayam petelur menghasilkan telur dapat dilihat dari ciri-ciri sebagai berikut.


Jengger dan pial
Induk ayam yang mampu menghasilkan telur berkualitas biasanya memiliki jengger dan pial yang lebar, berwarna kemerah-merahan, hangat, tampak bercahaya, basah berminyak, seperti terdapat lapisan lilin, dan bentuknya roboh ke samping.

Kepala atau muka
Bentuk kepala induk ayam yang sebaiknya Anda gunakan adalah lebar, bersih, dan halus seperti berminyak.

Mata
Anda juga bisa mengidentifikasi induk ayam berdasarkan bentuk mata. Induk ayam berkualitas memiliki bentuk mata yang bulat, jernih, dan cerah bercahaya.

Dubur
Pilihlah induk ayam yang memiliki dubur berbentuk lebar, basah, tampak elastis berwarna merah muda atau agak keputih-putihan.

Perut dan dada
Pada bagian perut dan dada ayam tampak lebar, halus berisi, elastis, dan lunak

Kulit
Induk yang mampu menghasilkan telur berkualitas memiliki kulit yang tampak halus, berminyak, dan longgar.

Bulu
Pada bagian bulu ayam tampak padat, lengkap atau utuh, tidak lusuh atau kusam, serta mengilap.

Kaki
Pilihlah induk ayam yang memiliki kaki berwarna kuning keputih-putihan atau putih kekuning-kuningan, ketinggian kaki sedang, tetapi tidak terlalu pendek dan tidak terlalu tinggi.

Sifat
Selain dari bentuk fisik, Anda juga bisa mengamati induk ayam petelur dari sifat yang dimiliki. Induk yang sehat dan mampu menghasilkan telur berkualitas biasanya memiliki tingkah laku yang lincah, ringan, suka bersuara, dan aktif mencari makan. Badan ayam pun tampak berisi.

Induk ayam yang berkualitas juga memiliki masa bertelur yang cukup lama hingga satu bulan dan menghasilkan 25—28 butir. Bentuk badan tampak agak panjang, punggung tubuh penuh berisi, serta dada lebar dan dalam. Jika diraba, bagian perut terasa lunak, halus, dan penuh.