Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu Mencegah Burung Hantu Masuk ke Rumah Walet

burung walet

Burung hantu
adalah salah satu hama rumah walet dan kutukan bagi petani walet. Burung ini sebenarnya paling sering di rumah walet di daerah persawahan dan perkebunan karena ada sumber makanan dalam bentuk tikus. rumah walet yang terletak di daerah perkotaan jarang menyita burung layang-layang.

Namun, tetap saja kehadiran burung hantu dapat menjadi hama walet yang harus dicegah keberadaannya. Anda bisa mencegah kehadiran burung hantu dengan cara berikut.

Cegah dengan lampu bohlam
Pasang lampu bohlam 10 watt sektar 30 cm dari bibir atas pintu. Jika perlu, Anda bisa menambahkan lampu sensor cahaya yang otomatis menyala ketika keadaan sekeliling sudah gelap.

Usir burung yang bertengger
Burung hantu kerap bertengger di pintu masuk rumah walet. Kehadiran burung hantu harus segera diusir agar tidak menakuti burung walet.

Modifikasi lubang sarang
Lakukan modifikasi lubang sarang yang berbentuk persegi panjang menjadi segilima yang memiliki sudut lancip dengan kemiringan 90° di bagian bawah lubang masuk burung. Lalu, pada kedua bagian sisi yang miring diberi lapisan kaca setebal 2—3 mm. Kaca tersebut berfungsi untuk mempersulit burung hantu bertengger karena licin.

Upaya ini terbilang efektif untuk mencegah hadirnya burung hantu. Biaya yang diperlukan pun murah ketimbang harus menggunakan lampu bohlam. Selain itu, Anda tidak harus selalu memerhatikan rumah sarang walet untuk mengusir burung yang mengganggu burung walet.

Memasang rel di pintu walet
Anda bisa memasang rel sepanjang 2 kali ukuran panjang pintu rumah walet. Daun pintu dibuat lebih lebar dari lubang masuk. Pada sisi kanan kiri dipasang tali hingga menjulur ke bawah. Pada pukul 5 sore, sebelum walet keluar gedung, penjaga menarik tali itu ke samping hingga posisi daun pintu bergesr. Alhasil lubang keluar-masuk walet pun terbuka.


Pada pukul 8 malam, penjaga tinggal menarik tali ke arah berlawanan untuk menutup pintu rumah walet. Daun pintu yang digunakan sebaiknya terbuat dari aluminium agar ringan untuk digunakan. Cara ini aman untuk menghindari hadirnya burung hantu. Namun, menjadi kurang praktis karena penjaga harus berjaga hingga burung walet kembali ke dalam rumah.

Artikel Menarik Lainnya: