Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Membuat Tepung Temulawak untuk Obat Ayam yang Sakit

Salah satu cara untuk menyembuhkan ayam sakit yang menggunakan bahan-bahan herbal yang terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah, salah satunya tepung temulawak. Penggunaan bahan-bahan herbal lebih disukai karena mereka tidak meninggalkan residu kimia yang menjadi daging ayam sehat.

tepung temulawak

Curcuma menjadi salah satu tanaman akar memiliki sifat obat sehingga banyak petani yang mengolahnya menjadi tepung temulawak. Penggunaan tanaman akar sebanyak 3-9 persen dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak daging dalam daging ayam. Jika tepung digunakan sebanyak 9 persen, penurunan kolesterol, lemak daging dan lemak perut terjadi cukup tinggi.

Bebes daging ayam dari residu bahan kimia serta kolesterol yang sangat disukai oleh masyarakat dan berharga cukup tinggi. Karena, saat ini booming tren gaya hidup sehat di tengah-tengah kasus obesitas. Daging ayam merupakan sumber protein yang mudah digunakan. Oleh karena itu, penggunaan tepung temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam daging pilihan yang memiliki potensi untuk dicoba.

Tepung ini dapat digunakan sebagai pakan buatan atau campuran pakan yang diberikan pada ayam broiler pada fase starter. ransum dapat terdiri dari sebanyak 51,5 persen dari jagung kuning, bungkil kedelai 12,8 persen, CGM 12 persen, 9 persen tepung ikan, minyak sawit 3,5 persen, 0,5 persen DCP, CaCO3 1 persen, 9 persen dari bubuk temulawak, 0,1 persen dl -methionine, L-lisin 0,1 persen dan 0,5 persen premix.

Rumus pakan ransum yang mengandung komposisi: 2.900 kkal nutrisi energi metabolis, protein kasar 21 persen, serat kasar 2 persen, 1 persen Ca, P 0,48 persen, 0,5 persen metionin dan lisin 1 persen.

Anda dapat memproses bubuk temulawak di rumah. Berikut adalah tahapan pembuatan tanaman tepung akar yang bisa Anda ikuti.
  • Cucilah rimpang temulawak yang akan dibuat menjadi tepung.
  • Iris tipis temulawak menjadi bagian kecil untuk memudahkan proses pengeringan menjadi lebih cepat dan merata.
  • Masukkan akar tanaman ke dalam oven untuk mengeringkan.
  • Setelah kering, temulawak sebentar dibungkam.
  • Cincang temulawak dengan sedikit mesin penggiling sampai halus.
  • Tepung temulawak siap untuk dicampur ke dalam rumus ransum.

Artikel Menarik Lainnya: