Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula


Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula -  dalam beternak yang 1 ini memang tergolong menjajikan . mengingat banyak nya pecinta burung ini . dan salah 1 burung primadona di indonesia dan banyak melakukan kontes dengan burung ini. bagi kalian yang ingin beternak burung ini  atau burung kicau lain nya contoh nya burung kenari, lovebird, kacer , dan murai batu. dan lain lain. sobat harus menginkuti perkembangan jaman apakah trend kontes burung saat ini dan banyak di cari saat ini.

burung love bird akhir akhir ini banyak yang mencari sebagai burung kontes atau pun sebagai peliharaan , tak hanya di kota besar yang ,mencari burung ini di pedesaan pun banyak yang mencari . tak jarang banyak yang berminat mengebangbiakan burung ini.

dalam ternak lovebird memang susah susah gampang , bila sudah tau penghetahuan dan pengalaman akan terasa mudah. sehinga tau permasalahan burung yang1 ini . memanga akan terasa mudah apabila anda terus belajar dalam mengembangbiakan burung 1 ini. terutam pda hal mengatasi penyakit ganguan pada burng.

sebagai peternak memang memilih cara sendiri dalam mengembang biakan burung yang 1 ini sejati nya burung ini berasal dari benua afrika . biasa nya burung ini bersifat setia dengan pasangan nya tapi juga bisa di joodhkan lebih dari 1 burung. untuk sukses anda harus lah tau faktor penting dalam beternak burung yang 1 ini dalam mengembakan kesuksesan anda. di antara nya.


1. Memilih Jenis Kelamin Burung Love Bird

bagi pemula memang dalam menentukan betina dan pejantan nya cukup sulit bahkan, dalam seorang yang sudah ahli pun mudah keliru . dalam demikian anda tak perlu risau karena ada berapa cara berikut di antara nya :
  • betina memilki ukuran yang cukup besar dari pejantan meski demikian dalam kepala betina memiliki kepala agak kecil dari pejantan.
  • pada jenis betina memiliki tulang punggung agak lebih besar karena di gunakan untuk bertelur
  • jika anda memperhatikan betina dan jantan dalam bertenger . kaaki pada burung love bird betina akan lebih sedikit rengang di bandingkan dengan pejantan.
  • jangan mudah tertipu dengan berpangsangan . karena burung love bird bisa berpasangan dengan pejantan lain nya. begitu sebalik nya dengan betina.

Burung love bird pasangan sesama jenis
  • bentuk oada betina biasa nya memilki bulat dan berisi
  • betina biasa nya memilki suara kekek yang agak panjang.

Usia yang produktif

pada usia yang bagus dlam produktif bagi pejantan untuk membuahi betian yaitu usia 8 bulan . dan sedangakan dalam betina yang siap akan di buahi oleh pejantan usia ideal 1 tahun.

2. menentukam tujuan brending

jika anda inggin menghasilkan anakan yang bagus dan anakan yang super . anda harus perlu menghetahui dan memilih betina yang bersuara bagus dan sempurna . jika anda menginginkan warna yang bagus sebaik nya anda mengawinkan pejantan dan betina yang bagus .anda bisa mengawinkan terus dangan pejantan yang sama dan berbeda beda dengan betina.

dalam menetukan sanagkar dan membuat sangkar burung
sepasang burung love bird akan lebih mudah di pasangkan dan di kembangbiakan apabila di kumpulkan dalam jumbah banyak dalam 1 kandang dengan demikian anda akan merancang kandang dengan ukuran sekira nya antar 40 x 40 x 40 / 50 x 50 x 50 cm dan kemudian anda jangan lupa berikan tempat bertelur dalam kandang dan anda bisa membuat nya berukuran 20 x 25 x 25 cm .

dan anda bisa mengisi nya dengan dedauna kering dan jeramani dan rumput kering atau sobekan kain lain nya. anda bisa gunakan serbuk gergaji yang tidak terlalu bau . dan fungsi dalam serbuk gergaji akan lebih mudah menyerap kotoran yang tempat nya agak lembab. dan burung ini suka dengan tempat bertenger dan jangan lupa berikan tempat bertenger yang aman dan nyaman bisa terbuat dengan ranting kayu.

cara mengawinkan burung love bird
setelah anda menentukan usia buurng love bird pejantan maupun betina , maka dari itu burung sudah siap kawin , umur idela betina 1 tahun pejantan 8 bulanan . dan tempatkan mereka dalam 1 kandang maka akan langsung kawin dan bisa di cek 3 - 10 hari setelah perkawinan terjadi . sedangkan waktu mengeram berlangsung 22 - 25 hari sebaik nya jangan sering di ganggu dan jangan selalu mengecek telur burung. kecuali induk nya membiarkan telur nya sendiri.

makanan bagus tuk love bird
ada banyak jenis makanan tuk love bird yang bisa di temukan di toko ternak di daerah anda. jika anda kesulitan mencari pakan anakan love bird sebaik nya di ganti dengan bubur bayi saja yang mudah . seperti bubur sun dan juga berikan multivitamin agar anakan selalu sehat . dan jangan lah asal memberi vitamin pada burung , agar paham sebaik nya bisa tanyakan kepada peternak lain nya.

pemberian pakan spserti makanan speri bayi tapi beda nya jangan gunakan alat seperti sendok lidi dan lain lain , bagus nya alat untuk meleloh anakan mengunakan suntikan jarum.

Artikel Menarik Lainnya:

sekian terima kasih telah membaca ternak burung love bird hinggga berhasil sekian dari saya semoga anda berhasil dalam beternak burung ini.