Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ternak Bebek Petelur Dan Persiapan yang Harus Dilakukan

Beternak Bebek Petelur- dalam membahas tentang teknik beternak sebaik nya anda perlu dasar-dasar dalam beternak. teknik dan ilmu bisa anda dapatkan berbagai sumber refrensi dari peternak bebek ,buku ataupun internet sebagai calon peternak sukses memang ada nya usaha dan kerja keras dalam menimba ilmu sebanyak nya janganlah sungkan bertanya kepada peternak lain.

selain banyak permintaan pasar yang meningkat seperti daging bebek maupun telur nya , banyak peminat daging bebek selain daging nya yang empuk dan tekstur nya lembut. dan lebih gurih dan enak . dan juga banyak kandungan gizi pada daging bebek pedaging maupun petelur.

usaha ini memang cocok di kembangkan di desa. karena . dalam merintis usaha ini membutuhkan lahan yang luas dan terbebas dari limbah pabrik agar bebek selau sehat dalam di angon di sungai maupun di sawah selesai panen padi, selalu jaga bebek saat di angon pada hal nya bebek memakan apa saja yang di temukan nya biasa nya daging bangkai hewan apapun . apabila bebek memakan daging bangkai akan di pastikan bebek mengalami kelumpuhan dan akibat nya bebek akan tertingal dalam kelompok koloni.

dalam dampak kelumpuhan bebek tidak langsung biasa nya efek terjadi nya 2 hari kemudian setelah memakan bangkai. memang dalam beternak bebel tidak hal nya harus di angon terus ada waktu bulan tertentu apalagi pada saat petani mulai menandur padi dan musin panen tiba takut nya bebek memakan padi siap panen maupun sedang dalam perumbuhan. dalam beternak bebek biasa nya para peternak mempunyai bebek 100 ekor dan bisa meraup omset Rp.500.000 perhari bersih tapi ini bebek petelur saja jika bebek pedaging agak lebih lama panen. apalagi peternak bisa memutar lagi dan menambah omset nya . dengan membuat telur asin bebek.


Pemilihan Lokasi Pada Kandang Bebek

1). Lokasi Yang Cocok Dalam Beternak Bebek
pastikan lokasi anda tuju jauh dari pemukiman warga karena suara bising bebek akan mengangu ketenangan warga sekitar dan pastikan lokasi anda bisa mendapatkan makanan tambahan oleh bebek spserti dekat daerah persawahan dan juga dekat dengan area sungai. jika lokasi anda dekat dengan warga takut nya warga agak tergangu aroma dari kotoran bebek tersbut.

2). Kandang Yang Cocok Dalam Beternak Bebek
untuk memulai beternak bebek petelur maupun bebek potong harus lah memerlukan kandang yang cukup luas dan juga tergantung dari banyak nya bebek trsebut sebaik nya bebek di satukan dalam kandang yang masal dan lantai nya lagsung dari tanah bagus nya lahan bebek di pagar keliling dengan tembok , jika anda tidak mempunyai dana ada bagus nya gunakan bambu dan buat lah pagar keliling agar bebek tidak kabur dan pagar sebaik nya di buat agak lebih tingi dan rapat supaya bebas dari hewan buas dan pencurian. analisis pembuatan kandang yang harus anda siapkan :
  • dalam kandang anakan bebek / di sebut box di buat dengan ukuran 1 x 2 m dan bias nya untuk 50 ekor anakan
  • kandang brower untuk bebek usia dini dan di tempatkan sepasang bebek jantan dan betina
  • persiapkan juga penetasan manual yang mengunakan lampu bohlam.

3).  Pemilihan Bibit Bebek Petelur
pastikan anda memilih bebek yang bebas dari dari cacat , dan tentu nya memilih bibit yang unggul. baik yang di tetaskan memalui indukan ataupun mesin penetas. jika anda memilih bibit berupa indukan sebaik nya pilih bibit bebas dari cacat dan penyakit dan pemilihan bulu yang halus dan mengkilap . dan gerakan cukup lincah.

4). Pemilihan Bebek Petelur
dalam beternak bebek harus lah anda perhatikan juga pakan nya agar yang di hasilkan bebek berupa telur pun memuaskan. maka dari itu juga pakan bebek harus lah mengandung nutrisi yang yang tinggi dan kaya dengan konsetrat. bagus nya bebek berilah pakan alami yang di sediakan oleh alam biasa nya peternak bebek memberikan makanan berupa keong yang sudah di pecahkan cangkang nya dan lalu di campurkan oleh dedak padi. ada juag penambahan vitamin ke dalam bebek atau juga di suntikan langsung ke bebek nya.

pastikan lah anda selalu membersihkan kandang yang berupa kotoran nya , jangan lah terjadi penumpukan kotoran yang mengakibatkan timbul nya penyakit. dan menghindari hal hal yang mengangu bebek anda . bagus nya dalam membersihkan kotoran bebek yang langsung ek tanah taburkan saja pasir secara merata ke kandang dan rutin lah mengecek kandang setiap 2 -3 minggu .