Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pakan Ternak Sapi Dengan Fermentasi (Panduan Lengkap)


Bagi Kita Kaum milenial dinegara yang dituntut harus maju, kita sebagai seorang yang mempunyai akal haruslah selalu menggunakan akal kita untuk berfikir, sesuai dalam Al-Quran "apakah kita berfikir?". Nah Dengan Modal Akal tersebut kita dituntut untuk berfikir yang baik, dan membuat hal yang baik agar kehidupan kita menjadi baik. kali ini kami mengajak anda para peternak sapi untuk berfikir tentang cara membuat pakan ternak sapi yang modern. agar kita tidak lagi 'ngarit' wkwkwk... kita kan kaum milenial hehe.. nah sekarang kita berfikir bagaimana cara membuat pakan ternak sapi tanpa ngarit?

Dan itu juga tidak melupakan kualitas makanan juga. karena kekuatan yang baik diet dan merupakan faktor penting dalam peningkatan berat badan pada sapi. sehingga harga tinggi ternak telah meningkat dengan membuat petani untuk pemeliharaan ternak dan ras untuk promosi. sehingga petani memikirkan kembali dalam pembuatan rumah makan harga murah dan kualitas yang baik sapi umtuk itu sendiri.

Jenis Pakan Sapi Selain Rerumputan 

makan sapi dibagi menjadi dua, yaitu dedaunan hijau dan dedaunan juga konsetrat yang berasal dari ramuan sementara konsetrat datang: dedak, jagung, kulit kakao dan jerami dan batang juga baik untuk produsen konsetrat konsetrat sapi, karena mudah dicerna oleh perut sapi dan juga mempercepat pertumbuhan pada sapi dan peningkatan ternak berat badan.

Ada juga pakan jerami yang diberikan kepada sapi. peternak biasanya menyediakan beberapa minggu gangguan jerami pakan untuk pakan saat dedaunan adalah pakan ternak kering di musim kemarau. karena jerami memiliki protein yang cukup rendah dan terlalu sedikit untuk memberikan vitamin dan mineral sebagai .tak lupa jerami sebagai kandungan serat yang cukup tinggi.

Sehingga ketika jerami jika benar dan mesin juga harus bnyak modal yang dapat menjadi langka. karena dapat menggantikan musim kemarau ketika dedaunan kemudian tiba untuk dedaunan yang layu dan mati.

Cara Dan Tips Membuat Pakan Sapi Dengan Jerami. 

Dengan jerami dan jerami yang megolah fermentasi protein hanya 2% hingga 3% hanya jika jerami sehingga jika di fermentasi dapat meningkat menjadi 7% sampai 9% cukup curam jika jerami yang baik dan fermentasi .

Selain jerami yang baik dalam pencernaan ternak dan juga didukung oleh aroma yang menambahkan untuk mendorong sapi untuk makan dan juga kebersihan adalah rata-rata.

Bahan Dalam Pembuatan Pakan Jerami Fermentasi

  1. pada jerami harus lah di perhatikan seperti tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah dan sekitar 3 colt
  2. satu botol bioctivator atau ragi dalam pembuatan tape tapi di gunakan untuk jerami.
  3. dan air sekitar 300 liter - 400 liter.

Cara Pembuatan Olahan Pakan Sapi Dengan Jerami

  • taruh lah jerami pada lantai yang teduh tidak panas dan juga tidak basah tidak terkena hujan dan tidak terkena matahari dengan setebal 20 cm lalu padatkan dengan cara di injak
  • dan selanjutnya ragi yang sudah di siapkan laludi isi air , dan aduk sampai merata lalu percikan ke ke permukan jerami tersebut dengan merata.
  • langkah selanjut nya tumpuk lah jerami demgan ketebalan 20 cm lalu lalukan lagi cari ke dua sampai merata dan terus menerus. sampai jerami habis dan selesai.
  • dan tutuplah permukaan jerami dengan plastik dan biarkan lah sampai 7 - 10 hari.
  • pada hari ke 7 perikaslah bau yang timbul ke permukaan jerami . apabila bau sudah muncul ciri bau yaitu seperti tape dan jerami lunak dan tumpukan  mengeluarka jamur berwarna kuning maka proses permentasi sudah selesai. apabila proses di atas belum memunculkan tanda-tanda nya biarkan lah sampai 10 haridan periksa lagi dengan cara langkah di atas.

Waktu Kadaluarsa Jerami Hasil Fermentasi 

Apabila proses permentasi sudah selesai maka dari itu ketahanan pada jerami bisa mencapai dan di simpan selam 1 tahun.

Tips Dan Cara Agar Fermentasi Awet yaitu dengan cara apabila proses di atas telah selesai dan proses permentasi sudah siap bongkar lah jerami lalu di angin-anginkan sampai kering.

Lalu ikat lah kembali jerami dan pres dengan padat. dan perlu di ingat pakan untuk jerami hanya sebagai pakan penganti dan pakan cadangan saja untuk penganti rumput dan dedaunan saja.dan sapi juga perlu konsetrat minimum 2,5 % dari berat badan dan air minum 40 - 60 liter sehinga sapi memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak gampang terkena penyakit