Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anjing Menggigit dan Menyerang? Berikut Penyebabnya!


Gigitan dan serangan anjing? Alasannya adalah! -Dog adalah hewan liar, tetapi anjing biasanya digunakan sebagai hewan peliharaan. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa ada beberapa jenis anjing yang dapat dipilih sebagai hewan peliharaan.

Dimulai dengan anjing yang pendek, tampak imut, dan berbadan besar, biasanya digunakan sebagai anjing penjaga. Selain itu, anjing juga dikenal sebagai hewan yang sangat loyal dan ramah. Logo anjing yang loyal terlihat seperti kisah nyata di film Hachiko.

Namun, ada banyak kasus yang melibatkan anjing peliharaan yang akhirnya menggigit manusia. Menurut para ahli yang merupakan konsultan dalam mengamati perilaku anjing, penyebutan gigitan anjing dapat disebabkan oleh berbagai alasan.

Anjing itu mungkin merasa terancam, cemas, atau sakit, membuatnya tidak nyaman, dan akhirnya menggigit adalah cara membela diri. Ada juga pandangan bahwa karena naluri untuk melawan dan melindungi wilayah, anjing akan menggigit.

Fakta lain adalah bahwa sebelum menggigit, anjing biasanya mencoba memberi sinyal sesuatu yang tidak mereka sukai. Sinyal-sinyal ini mungkin berbeda, seperti menjilati bibir, menundukkan kepala, gelisah, menggelengkan kepala, menggelengkan ekor dengan gerakan cepat atau berdiri diam. Karena itu, harap pahami sifat anjing Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak disukai. Berikut beberapa hal yang menyebabkan anjing Anda menggigit dan menyerang:


1. Ketakutan

Jika anjing gugup dan takut, mereka akan menggigit. Karena itu, pahami perilaku anjing Anda. Khususnya, pahami lingkungan dan sikap alami untuk mencegah munculnya perasaan dan emosi yang mungkin menggigit orang. Alasan anjing menggonggong di malam hari mungkin juga karena takut akan sesuatu.

2. Sakit

Untuk menghindari digigit anjing, harap pahami sikap mereka ketika mereka tidak sehat dan pahami jenis-jenis rasa sakit anjing. Ini karena anjing merasa tidak nyaman dan tidak ingin diganggu. Ini juga merupakan bentuk perlawanan diri, jadi jika seseorang mengganggu mereka, mereka akan menggigit.

3. Perlindungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa anjing juga memiliki barang-barang favorit mereka, yang bisa berupa mainan atau benda yang melekat padanya, seperti kalung identifikasi. Karena itu, jika barang-barang ini terganggu atau Anda bermaksud membawanya pergi, anjing akan menggigit Anda. Selain itu, ketika area yang dilindungi terganggu, anjing akan menggigit.

4. Shock

Jika Anda bermain dengan anjing dan anjing liar, maka Anda harus bermain dalam kisaran yang wajar. Dalam hal ini, jangan berteriak atau kasar. Misalnya, jika Anda berteriak, anjing akan terkejut dan menggigit setelah refleks. Karena itu, harap hindari menggunakan lebih banyak hal yang akan mengejutkan anjing.

5. Perubahan lingkungan

Perubahan lingkungan yang disebutkan di sini adalah munculnya anggota baru yang tidak pernah dilihat anjing. Anggota baru ini dapat berasal dari keluarga anjing atau keluarga yang mendukung keluarga. Jika ada anggota baru, mereka harus diperkenalkan untuk menghindari agresivitas anggota baru dan mulai beradaptasi dengan anjing. Karena biasanya agresivitas ini akan membuat mereka menggigit.

6. Melihat orang berlari

Pada awal artikel ini, kami membahas bahwa jika Anda melihat atau mendekati seekor anjing, baik di jalan atau di mana saja, Anda tidak boleh melarikan diri dari serangan anjing. Ini karena anjing punya kebiasaan memelihara anjing. Jika ini terjadi, Anda harus berhenti dan menghadap anjing, tetapi juga hindari kontak mata dengan anjing.

7. Perlindungan anak

Sebagai orang tua, anjing juga memiliki naluri untuk melindungi anak mereka. Seperti yang kita semua tahu, pelacur lebih cenderung memberikan perlindungan bagi anak-anak, jadi jika anak dibawa ke situasi yang mengganggu atau mengancam dan tidak nyaman, ibu akan menggigit.

8. Tekanan

Sama seperti orang yang hormonnya aktif pada waktu-waktu tertentu (seperti saat hamil dan melahirkan). Hal yang sama berlaku untuk anjing. Biasanya, anjing akan merasa stres setelah melahirkan. Jika mereka terganggu oleh lingkungannya, tekanan ini mungkin menjadi alasan anjing menggigit.

9. Trauma

Siapa bilang anjing tidak bisa terluka. Semua makhluk merasakan anjing tanpa kecuali. Sama seperti manusia, jika mereka mengalami hal-hal buruk dan menyebabkan trauma, maka jika mereka diingatkan lagi, mereka akan mengambil tindakan. Anjing akan melakukan hal yang sama. Jika mereka mengalami atau mengingat hal-hal yang tidak menyenangkan lagi, mereka akan bereaksi. Ini disebut trauma, dan terkadang gigitan anjing adalah bentuk perlindungan.

Ini adalah beberapa alasan mengapa anjing menggigit orang, dan ada banyak kerugian dan risiko (jika terjadi). Namun, setiap anjing memiliki karakteristik yang berbeda, tergantung pada jenisnya. Saya harap informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Artikel Menarik Lainnya: