Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayam Aduan: Warna Bulu Ayam Bangkok Yang Memiliki kualitas super

Ayam Aduan: Warna Bulu Ayam Bangkok Yang Memiliki Berkualitas - Salam semuanya, akhir -akhir ini admin tidak update untuk memberikan informasi tentang ayam aduan. Kemarin saya berfokus untuk kerjaan lain yang mungkin lebih menghasilkan 😀. Namun demi hobi saya akan berbagi dengan kalian yang ingin mendapatkan informasi artikel ayam aduan.

Dari legenda ayam aduan kita mengetahui kalau bulu tidak hanya menjadi baju atau hiasan ayam, melainkan ini juga dapat menjadi gambaran dari kualitas ayam.

Dibawah ini botoh jaman now sudah siapkan beberapa jenis ayam aduan yang berkualitas berdasarkan bulunya. Diharapkan kamu dapat membacanya sampai selesai agar tidak ada kesalahan dalam menilai sang jagoan. Sobat jago yang mau beli ayam aduan ada baiknya perhatikah hal berikut.

Jenis Warna Bulu Ayam Aduan Paling Berwibawa


1. Wiring ( Biring )


Dengan warna bulu kuning keemasan yang sangat mempesona, ayam yang satu ini sangat menarik untuk dipelihara. Gradasi yang sangat mencolok dari bulu leher sampai punggungnya akan memanjakan mata pemiliknya. Namun warna bulu ayam yang seperti ini masih terbilang sangat umum.

Ciri utamanya adalah bulu dasar berwarna hitam kilat dan ulesnya berwarna kuning keemasan yang sangat cerah. Pada bagian ekor akan terdapat 2 sampai 3 helai bulu yang berwarna putih yang menandakan kalau ia adalah ayam champion. Aura jago yang seperti ini biasanya akan sedikit berbeda dibandingkan dengan wiring biasanya yang hanya memiliki warna dasar dan utama hitam polos. Maka bisa dibilang ayam wiring yang dimaksudkan tadi masuk dalam kategori katuranggan yang harus diwaspadai pemain ayam.

2. Jalak ( Wido )


Ayam yang memiliki warna bulu dasar hijau jalak ini dikenal memiliki kelincahan yang sangat bagus. Jenis warna bulu ayam yang satu ini sangat saya gemari karena warnanya yang sangat kontras dengan ulesnya yang memiliki warna kuning kehijauan. Ayam dengan jenis bulu jalak wido umumnya memiliki ukuran yang kecil atau tidak terlalu besar seperti misalnya Ayam Birma.

Ciri utama ayam jalak wido adalah memiliki warna dasar hitam dengan kilat-kilat hijau dan ules atau rawisnya berwarna kuning kehijauan. Ayam yang ini dikenal memiliki semangat yang tidak pernah putus untuk menakalukan lawannya.

3. Jali ( Blirik )


Jali-jali atau blirik adalah salah satu ayam yang sangat jarang dimiliki pemain ayam. Ayam ini sebenarnya tidak langka, hanya saja karena corak bulunya yang sangat unik membuat orang yang memiliki ayam ini menjual dengan harga yang sangat gila. Tapi peminat ayam ini masih saja banyak karena memang kualitasnya dalam gelanggang tidak dapat dianggap remeh.

Ciri ayam jali biasanya memiliki ciri warna belang putih hitam yang tersusun rapih dari atas kepala sampai ujung ekornya. Ayam jenis ini memiliki rangka tulang yang kasar atau besar yang tentunya akan membuat kamu dapat puas memiliki ayam jenis ini.

4. Blorok


Salah satu ayam yang memiliki ciri serupa dengan ayam blirik atau jali adalah ayam blorok. Jenis ayam ini juga memiliki warna belang hanya saja susunannya tidak rapih alias berantakan. Walau begitu jenis ayam ini juga tidak kalah bagus dari jali. Ayam jenis ini memiliki warna kaki putih pucat yang terkesan sangat dingin. Blorok memiliki 2 jenis yakni blorok madu yang memilik rawis merah gelap dan juga blorok biasa yang memiliki warna dasar putih dengan bercak hitam.

5. Klawu ( Kelabu )


Bagi para penghobi laga ayam mendengar nama Ayam Bangkok Kelabu (kelawu) tentunya sudah tidak asing lagi bukan?. Walau tidak sepopuler ayam lainnya, namun ayam bangkok kelabu sering kali dijadikan peliharaan. Hal karena kekuatan pukulan pada sang jago tidak dapat diremehkan.

Ayam Bangkok Klawu sendiri memiliki ciri khas dengan warna dasar kelabu atau jika dimasukan dalam bahasa jawa disebut dengan klawu. Kemudian diiringi dengan kombinasi warna lain pada bagian ules dan rawis seperti warna merah, kuning, atau kadang ayam klawu memiliki warna yang bercorak seperti blirik atau blorok.

6. Ireng ( Hitam )


Ayam bangkok hitam atau Jergem memiliki ciri umum yakni pada keseluruhan bulunya berwarna hitam. Namun ayam bangkok hitam jergem yang paling banyak dicari adalah apabila memiliki kombinasi warna bulu, paruh dan kaki nya juga hitam atau bisa dibilang ireng tembus. Hal ini dipercaya bahwa sang jago memiliki daya mistis yang kuat serta wibawa yang dibawanya pada gelanggang tarung tidak jarang juga ayam ini menjadi juara dengan mudah.


Nah, itulah beberapa jenis bulu ayam aduan paling berkualitas dalam dunia perayaman. Kamu yang memiliki pengetahuan tentang bulu ayam lainnya silahkan berikan komentar, tapi jangan komentar pedas ya :v, karena admin sendiri menuliskan artikel diatas berdasarkan pengalaman yanga ada. Jadi sobat yang memiliki pengetahuan lebih tentang ayam jangan bully saya ya :-D. Terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya: