Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Beternak Entok, Lebih Mudah dan Menguntungkan serta Menjanjikan

Budidaya entok barangkali tidak sepopuler ayam atau bebek, sebab memang dari sisi pemasaran entok lebih susah dibanding unggas-unggas lainnya. Meski demikian, tidak memblokir kemungkinan pun setelah kita mengejar pasar potensial, beternak entok malah lebih menguntungkan dikomparasikan ternak ayam atau bebek.

Ada sejumlah sifat-sifat unggul entok yang menjadikan dalil mengapa anda pilih guna dibudidayakan, diantaranya:



Daya Tahan. Entok tidak gampang terserang penyakit serta tahan terhadap evolusi suhu dan cuaca yang ekstrim sekalipun.

Harga tinggi. Karena jumlah peternak entok tidak sejumlah ayam atau itik, maka fauna yang gemar bermain di air ini mempunyai harga yang lumayan tinggi. Pejantan yang telah besar dapat mencapai harga seratus ribu. Di sejumlah daerah harga entok ingin lebih mahal.Rakus. Entok paling rakus dalam hal santap sehingga membuatnya cepat besar. Konsekuensinya anda harus stok pakan yang banyak. Di samping dalam urusan jumlah, entok juga dapat memakan apa saja yang ditemuinya. Hal ini yang menciptakan memelihara entok lebih hemat karena dapat memanfaatkan makanan saldo rumah, memanfaatkan hasil kebun atau bahan-bahan yang terdapat di sekitar. Meski demikian, bakal lebih bagus bila dapat memberikan pakan yang berprotein tinggi supaya entok cepat besar.
Untuk berhasil ternak entok, mesti benar-benar diperhatikan sejumlah hal mulai dari tempat budidaya, pakan sampai perawatan harian.

 Persiapan kandang

Entok paling suka bermain air. Oleh karena tersebut mutlak untuk meluangkan tempat berendam entok. Carilah tempat yang dekat dengan air atau kubangan.

Buatlah kandang yang dilengkapi dengan tempat santap di dalamnya dengan elevasi kandang yang lumayan tinggi dan diciptakan dari jaring dipadukan dengan bambu. Ketinggian kandang ini dimaksudkan supaya entok tidak terbang dan lari dari kandang. Kandang terbaik guna anak entok ialah kandang battery. Selain lokasi makan, sediakan pun tempat mengeram di dalam kandang.

Pemilihan Indukan

Penting diacuhkan pemilihan indukan supaya telur atau daging yang didapatkan bagus serta dapat cepat. Jika kamu ingin mengerjakan budidaya entok secara modern, usahakan beli indukan dikomparasikan anakan atau biasa dikenal DOE. Jika memiliki 20 indukan dan rata rata bertelur 10 maka dalam kurun masa-masa 40 hari anda sudah memiliki 200 DOE.

Pakan

Tempat anak entok (meri) bareng dengan induknya dalam kandang battery sekitar 1 sampai 2 hari. Tujuannya ialah agar meri bisa menyesuaikan diri dengan teknik memakan pakan yang sudah disiapkan. Induk entok bakal secara alami mengajari anaknya. Jangan lupa guna melengkapi kandang battery dengan lampu yang mempunyai daya 5 sampai 10 watt. Masukkan pun tempat minum, sebab entok senang nyosor atau makan. Induk entok dapat makan sampai setengah kilogram dedak.

Cara ternak entok ini dapat dikatakan mudah sebab entok tidak tidak sedikit pilihan dalam pakannya. Sangat mudah menggali pakan guna entok, laksana dedak, bekatul, dan yang lainnya. Bahkan entok juga dapat memakan sayuran, jagung, dan lainnya.

 Perawatan

entok butuh diberi pakan konsentrat starter dengan minuman berupa air bersih yang dapat dibaur dengan vitamin dalam usia 1 hingga 2 minggu.Campurkan konsentrat starter dengan pakan induk guna minggu selanjutnyaUsia 1 bulan anak-anak entok bisa dilepas bermain di pekarangan dan di empang budidaya entok. Pada usia ini meski entok telah lebih kuat tetapi udara dingin dapat menciptakan perut mereka kembung dan pencernaannya terganggu. Untuk tersebut pastikan perut mereka sudah terisi sebelum malam hari. Jika angin bertiup kencang dan pada malam hari suhu udara menjadi lebih dingin, tutup dinding kandang dengan terpal untuk mengawal kehangatan di dalam kandang.Induk entok bertelur sesudah 1 bulan diceraikan dari anaknya (disapih).Ketika berumur 2,5 bulan entok sudah mencapai mutu 2,5 kilogram. Saat tersebut tubuh entok sudah ditumbuhi oleh bulu berwarna putih, bulu ekor sudah memanjang, dan bulu-bulu di unsur sayap mulai tumbuh. Pada periode ini entok semakin lahap mencicipi pakan.Entok dapat bertelur sesudah masa pengeraman 35 hari.

Agar nafsu santap entok stabil, dalam budidaya entok yang baik dianjurkan untuk meluangkan pakan tanpa air.

Pembesaran entok sampai dapat panen menjangkau 4-5 bulan. Atau menunggunya sejumlah minggu lagi andai tujuan pemeliharaan entok dipersiapkan sebagai indukan. Masa pemeliharaan dilangsungkan hingga umur 6 bulan. Kita telah harus menilai sebelumnya, destinasi pemeliharaan entok supaya bisa mendapat  keuntungan yang maksimal.

 Vaksinasi

Meskipun entok memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit, bukan berarti entok tidak dapat terserang penyakit sama sekali. Oleh karena tersebut perlu juga dilaksanakan vaksinasi. Karena satu-satunya virus yang gampang menjangkiti entok ialah virus flu dan pilek, kerjakan vaksinasi Vitachicks sebagai pilihan.


Demikianlah petunjuk beternak entok, semoga bermanfaat.