Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jitu Memilih Telur Ayam Kampung Yang Baik dan Fertil Bagi Ditetaskan



Tips Jitu Memilih Telur Ayam Kampung Yang Baik dan Fertil Bagi Ditetaskan- Syarat utama sebelum anda menetaskan telur ayam guna dijadikan sebagai bibit dalam usaha Ternak ayam kampung, ialah memilih telur yang mempunyai kualitas baik guna ditetaskan.

Tujuannya supaya telur-telur yang anda tetaskan nantinya dapat menetas seluruh serta menemukan kualitas bibit yang unggul.

Walaupun memang seluruh telur tampak sama, tetapi tidak seluruh telur dapat menetas andai ditetaskan.

Penyebab telur tidak menetas ketika ditetaskan


Sebelum anda membahas teknik memilih telur yang baik guna ditetaskan, terdapat baiknya andai kita simak dulu mengenai penyebab telur yang tidak menetas ketika ditetaskan, yakni diantaranya:

1. Telur tampak terang ketika diteropong

Telur yang tampak bening ketika di test dengan cahaya (teropong), telah dapat dijamin telur tidak bakal menetas ketika ditetaskan, sebab telur itu tidak subur atau telur subur namun tidak ada benih (tidak dibuahi).

2. Telur terlampau lama disimpan

Factor penyebab kegagalan lainya ialah telur terlampau lama disimpan, semakin lama telur disimpan, daya tetas telur bakal semakin menurun, jadi supaya daya tetas telur maksimal usahakan telur segera ditetaskan sebelum satu minggu.

3. Suhu pengeraman tidak sesuai

Kesalahan ini seringkali terjadi andai menetaskan telur dengan mesin tetas, yakni tidak mengawal suhu tetap stabil, laksana salah set termostat atau tidak sedikit kebocoran pada mesin tetas, sehingga benih tidak dapat berkembang dan menyebabkan telur tidak menetas.

Itulah sejumlah factor yang mengakibatkan telur ayam tidak menetas ketika ditetaskan.

Cara memilih telur yang baik


Hal-hal yang perlu diacuhkan dalam memilih telur guna ditetaskan, ialah memilih telur yang baik, adapun caranya dapat dilihat dari tampilan jasmani serta aromanya.

Ciri-ciri telur yang baik guna ditetaskan

Telur yang baik mempunyai andil yang paling besar guna keberhasilan dalam proses penetasan, dan inilah ini ialah ciri-ciri telur yang bagus.

1. Kulit telur tidak retak


Telur yang berbobot | berbobot | berkualitas baik ialah cangkang atau kulitnya tidak retak, karena andai cangkangnya retak tidak banyak saja, maka proses penetasan dapat dijamin tidak bakal berhasil.

Kemungkinan gagalnya proses penetasan terjadi sebab bakteri masuk melewati cangkang yang retak yang bakal mengkontaminasi telur sampai-sampai telur tidak sukses menetas menjadi anakan ayam.

2. Kulit telur bersih dari kotoran

Telur yang bakal ditetaskan mesti bersih atau terbebas dari kotoran yang berisi bakteri, sebab bakteri-bakteri tersebut dapat mengganggu proses pertumbuhan embrio, dan menyebabkan telur tidak berhasil  menetas.

Untuk masalah yang satu ini dapat diatasi dengan mencuci kulit telur memakai air hangat, lantas dikeringkan dengan kain lap.

3. Telur mempunyai ukuran yang standar

Ciri telur yang baik juga dapat dilihat dari format dan ukuranya, telur yang baik memiliki format yang tidak terlampau besar dan kecil, atau mempunyai ukuran yang rata-rata nyaris sama, dengan format yang normal (bulat lonjong).

Di samping mempunyai ukuran yang standar, mutu telur pun bisa kamu jadikan patokan, yakni berat guna telur ayam dusun yang baik ialah 40 gram/butir.

4. Warna cangkang ingin gelap

Warna cangkang telur yang baik guna ditetaskan ialah yang ingin berwarna gelap, sebab seringkali kulit telur yang berwarna gelap lebih cepat menetas andai dibanding dengan telur yang warnanya terang.

5. Telur tidak bau busuk

Telur yang memiliki wewangian tidak sedap usahakan tidak boleh ditetaskan, sebab dapat dijamin telur tidak bakal menetas, seringkali telur tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri sebab terlalu lama ditabung dalam suhu yang tidak sesuai.

6. Perhatikan lama penyimpanan telur

Seperti yang telah saya singgung diatas tadi, di antara factor yang mengakibatkan telur tidak menetas ialah penyimpanan telur yang terlampau lama.

Jadi bila kamu ingin menetaskan telur ayam usahakan tidak boleh menyimpanya telur terlampau lama, karena kualitas telur semakin lama semakin menurun.

7. Perhatikan asal induk

Telur yang berbobot | berbobot | berkualitas baik, pada lazimnya berasal dari indukan yang unggul, maka dari tersebut usahakan telur yang akan kamu tetaskan berasal dari indukan yang sehat, terbebas dari penyakit, serta induk telah berumur.

Umur indukan ayam dusun yang ideal guna dijadikan sebagai bibit mesti telah lebih dari 1,5 tahun, selain tersebut perbandingan guna induk jantan dan betina yakni 1:4, satu ekor induk jantan guna 4 ekor induk betina supaya telur dibuahi secara sempurna.

8. Test mengunakan teropong

Untuk menemukan kualitas telur yang baik guna ditetaskan di samping dapat disaksikan dari ciri fisiknya, dapat juga disaksikan dengan memakai teropong yang tanda-tandanya seperti:
Rongga udara pada unsur yang tumpul dan tidak beralih tempat ketika diputar,
Terlihat terdapat bibit benih atau titik kecil pada kuning telur.

Demikianlah teknik memilih telur yang baik guna ditetaskan yang gampang untuk kamu lakukan, dengan ciri-ciri tersebut, semoga dapat menjadi acuan dalam memilih telur supaya telur sukses ditetaskan, TERIMA KASIH.

Artikel Menarik Lainnya: