Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Cara Merawat dan Memelihara Anak Bebek (DOD) Agar Cepat Besar Lengkap



Tips dan Cara Merawat dan Memelihara Anak Bebek (DOD) Agar Cepat Besar Lengkap-Dalam menekuni usaha ternak bebek, ada sejumlah hal yang mesti dikhususkan atau diprioritaskan, salah satunya ialah memelihara anak bebek (DOD) supaya cepat besar.

DOD ialah adalahmodal utama dalam ternak bebek, jadi anda harus merawatnya dengan baik, supaya pertumbuhannya cepat, sampai-sampai mendapatkan hasil yang maksimal, atau cocok dengan harapan.

Cara merawat bebek supaya cepat besar


Perawatan DOD atau itik bebek yang baru menetas tentu tidak banyak lebih rumit bila dikomparasikan dengan mengasuh bebek remaja atau bebek dewasa.

Di samping dari pemilihan bibit yang unggul, inilah ini ialah beberapa langkah yang mesti diacuhkan dalam merawat atau mengasuh anak bebek supaya cepat besar.

1. Merawat anak bebek baru menetas

Itik yang baru menetas atau baru datang, perlu perawatan yang tambahan karena masih rentan terhadap penyakit dan kematian.

Untuk merawatnya ialah dengan mengistirahatkan sejenak DOD yang baru datang supaya menyesuaikan diri, lantas berikan air gula merah, sementara untuk guna gula merah bisa kamu baca tulisan tentang Manfaat gula merah guna unggas yang telah saya tulis sebelumnya.

2. Menyediakan kandang eksklusif DOD

Itik atau bebek yang masih anakan mesti dipelihara pada kandang eksklusif DOD, guna kandangnya dapat dibuat laksana boks, yang seluruh dindingnya tertutup rapat, sementara lantainya dapat menggunakan kawat strimin dan atasnya biarkan terbuka.

Kandang model itu bertujuan untuk mengayomi DOD dari hembusan angin, supaya tidak kedinginan dan tidak mudah terserang penyakit, serta mempermudah dalam pengawasan.

3. Memberikan pakan guna DOD

Usahakan untuk menyerahkan pakan pada anak bebek mesti dengan pakan yang berbobot | berbobot | berkualitas serta mempunyai nutrisi yang lengkap, atau yang cocok dengan keperluan serta usia anak bebek tersebut sendiri, supaya pertumbuhannya dapat maksimal.

Jangan tak sempat sediakan lokasi pakan atau minum lebih dari satu supaya anak bebek tidak berkumpul guna berebut makanan.

Sedangkan guna makanannya bisa kamu tambahkan tidak banyak air yang tujuannya agar makanan tidak berserakan, serta mempermudah anak bebek guna memakannya sebab paruhnya yang tidak banyak melebar.

4. Memberikan penghangat tambahan

Jika kamu perhatikan DOD bergerombol atau berdesak-desakan, tersebut berarti anak bebek kedingingan, maka kamu harus menyerahkan penghangat tambahan, dapat dengan memakai lampu bolham.

Namun bilamana anak bebek terlampau menjauh dari lampu, dapat jadi sebab suhunya terlampau panas, maka kamu harus menjauhkan lampunya hingga anak bebek tampak nyaman, pemberian penghangat tambahan pun dapat merangsang laju perkembangan DOD.

5. Memberikan vaksin dan vitamin

Perlunya menyerahkan vaksin serta vitamin pada anak bebek ialah untuk menambah system kekebalan tubuh DOD dari serangan penyakit serta dapat memicu pertumbuhannya.