Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wow! Inilah 7 Fakta Ayam Cemani yang Patut Diketahui

Ayam Cemani
7 Fakta Ayam Cemani - Ayam Cemani adalah salah satu ayam asli Indonesia, kata Cemani berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam, ciri khas dari ayam ini yaitu seluruh tubuhnya berwarna hitam.

 Pada jaman dahulu ayam Cemani ini memiliki warna hitam paling sempurna, bahkan 100% hitam, bahkan sampai daging, tulang, darah dan organ dalam (organ dalam) menjadi hitam.

 Ayam Cemani bisa dikatakan sebagai Lamborghini ayam dunia. Bagaimana mungkin? Ayam ini termasuk jenis langka, tapi harganya paling mahal. Namun dibalik mahalnya harga, ayam Cemani ini menyimpan banyak fakta yang tidak banyak diketahui orang. Apa faktanya? Berikut ulasannya!

1. Sudah Terkenal Sejak Jaman Kerajaaan Majapahit

Menurut legenda masyarakat Temanggung, ayam hitam ini berasal dari Jawa Tengah dan terkenal pada abad ke-15 (masa keemasan Kerajaan Majapahit).

 Seorang pertapa bernama Ki Ageng Mangkuhan diyakini sebagai pemilik ayam Cemani pertama ini. Namun menurut cerita, dulunya ayam ini memiliki paruh yang berwarna putih dan digunakan untuk merawat anak-anak aparat setempat.

Karena anak pejabat berhasil disembuhkan, ayam itu akhirnya dikawinkan dan dikawinkan dengan ayam hitam lainnya. Namun, anak ayam yang dihasilkannya justru berwarna hitam dan memiliki paruh berwarna hitam.

Terakhir, nama ayam ini adalah Cemani yang berasal dari bahasa Sansekerta dengan kata lain hitam legam.  

Baca Juga: Cara ternak kroto bagi pemula agar sukses

2. Ayam Cemani Digunakan Sebagai Pelengkap Upacara Adat

Karena kekhasannya, Ayam Cemani sering digunakan sebagai pelengkap berbagai upacara adat, seperti bersih-bersih desa dan lain lain. Ayam ini memiliki kekuatan magis untuk melawan kekuatan jahat (perilaku jahat) yang dilakukan oleh makluk halus yang kuat. Hingga saat ini tradisi tersebut masih dilestarikan di Indonesia.

3. Membawa Keberuntungan

Dibalik kekhasan dan keistimewaan ayam ini, dipercaya akan membuat pemiliknya merasa beruntung. Mungkin ini bukan karena hal yang misterius, tapi warna hitam semakin mahal.

4. Ayam Cemani mempunyai 3 jenis Yang Disebut Mempunyai Kekuatan Magis

Meski sekilas hampir semuanya sama, namun menurut kesaktiannya ayam Semani terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Cemani Widitra , Valstaratama ( Warastratama) dan Kaikayi.

Cemani Widitra memiliki garis pembersih di leher, dada, paruh dan selangkangan, ayam ini dianggap romantis dan menggemparkan serta dapat mengusir kejahatan spiritual.

 Sedangkan Cemani Warastratama adalah Ayam Cemani yang biasa digunakan sebagai pelengkap ritual adat. Ketiga, Cemani Kaikayi memiliki kombinasi bulu hitam dan biru navy, ayam ini dianggap santet.

5. Ayam Cemani Semakin Hari Semakin Langka

Jika harga ayam cemani bisa mencapai puluhan juta potong tidak ada salahnya, karena ayam jenis ini semakin langka. Di Indonesia asal muasal ayam ini, belum banyak orang yang menyambangi ayam jenis ini.

Hal ini tidak terlepas dari pandangan bahwa banyak orang yang meyakini bahwa beternak ayam ini melanggar ajaran agama, karena selama ini diketahui ayam ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam ritual-ritual kuno. 

Baca Juga: Mengenal Ayam Aduan Magon & Kelebihan Dalam Laga

6. Kenapa Warna Ayam Cemani Bisa Hitam Legam?

Menurut informasi pada hasil penelitian, warna hitam ayam Cemani merupakan kondisi genetik yang menarik, akibat dari fibromatosis. Kondisi ini menyebabkan mutasi sel yang diketahui bermanfaat bagi sel somatik ayam.

Ilmuwan Swedia Leif Adersson menemukan bahwa gen yang bermutasi adalah gen "endotel 3" (EDN-3), yang menghasilkan lapisan sel populer dalam tubuh ayam untuk menghasilkan warna hitam (pigmen).

Seperti kita ketahui bersama, saat ayam Semani beranjak dewasa, jumlah gen EDN-3 meningkat lebih dari sepuluh kali lipat dibandingkan dengan ayam biasa.

Baca Juga: Cara ternak jangkrik agar sukses bagi pemula

7. Ternyata Telurnya Berwarna Putih

Penelitian yang masih misterius dan berkelanjutan adalah mengapa telur Cemani masih berwarna putih bertulang dengan banyak bintik merah jambu. Ini kontras dengan warna tubuh yang benar-benar hitam.

Saat disinari dengan senter, elemen dalam telur biasanya terlihat hampir sama dengan telur. Warna hitam hanya muncul setelah ayam ras muncul, yang juga menandakan bahwa telur tersebut subur dan dapat menetas.

Menurut perkiraan informasi semua ilmuwan, warna putih telur disebabkan oleh proses mutasi fibrosis, yang terjadi pada sel ayam yang tidak menular ke kulit telur. Mungkin karena cangkang telur tersusun dari kristal kalsium karbonat, yang pada dasarnya sama dengan semua ayam.