Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Ayam Aduan Terbaik


Jenis Ayam Aduan Terbaik
Jenis Ayam Aduan -- Ayam aduan di Indonesia telah berkembang dari zaman dahulu bahkan menjadi budaya. Budaya menggunakan ayam merupakan budaya leluhur di Indonesia, banyak nenek moyang kita yang mempraktekkan tradisi ini sejak jaman dahulu kala.

Sayangnya masih banyak pemain yang menggunakan ayam aduan ini sebagai alat judi, di Indonesia sendiri sabung ayam termasuk kejahatan. Hingga saat ini, terdapat berbagai jenis ayam aduan yang populer dan paling banyak digunakan oleh pecinta ayam.

Ada banyak jenis ayam aduan terbaik yang berasal dari berbagai negara seperti Brazil, Filipina, Myanmar, Thailand bahkan Indonesia. Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas beberapa jenis ayam aduan terbaik yang paling banyak digunakan oleh para pecinta ayam.

Ayam Bangkok

Ayam bangkok
Pecinta ayam mana yang tidak kenal dengan ayam jenis ini, karena nama "Bangkok" yang berasal dari nama ibu kota Thailand ini sudah pasti ayam ini berasal dari Thailand.

Ayam bangkok tidak seperti ayam lainnya, penyebaran ayam ini sangat cepat, di indonesia sangat mudah ditemukan.

Ayam bangkok memang dikenal sebagai jenis ayam aduan terbaik, tidak hanya cepat dan kuat di arena pertarungan, ayam bangkok juga dianggap sebagai ayam terpintar atau terpintar di arena pertarungan dalam hal menemukan cara efektif untuk menjatuhkan lawan. Karena itulah ayam ini menjadi nomor satu di mata para pecinta ayam.

Ayam Brasil

Ayam Brazilian
Seperti namanya, ayam ini berasal dari Brazil, popularitasnya cukup tinggi. Ayam Berazil sendiri memiliki silsilah dari ayam Shamo yang berasal dari Jepang, dengan waktu ayam ini dibesarkan di kepulauan Amerika Selatan.

Ayam Brasil tumbuh cukup baik saat kondisinya lebih hangat. Ayam brazil sendiri memiliki ciri khas yaitu warna bulu yang berwarna coklat kekuningan. Dari segi postur tubuh, ayam Brazil hampir sama dengan ayam pelung yang memiliki tubuh tinggi dan kuat. Tak hanya jago di arena pertarungan, ayam ini juga jago melontarkan pukulan tak terduga lawan karena saking cepatnya.

Tidak lengkap rasanya jika tidak memiliki ayam jago satu itu sebagai salah satu jenis ayam aduan terbaik.

Ayam Burma

Ayam burma
Kini ayam birma atau ayam burma merupakan jenis ayam aduan burma. Juga dikenal sebagai ayam aduan sejati yang tak kenal takut. Ayam Burma memiliki gerakan dan gerakan tercepat dibandingkan dengan ayam ras petarung lainnya.

Namun, bentuk dan ukuran ayam burma kecil 2 -2,5 kg, tulangnya juga kecil dan tipis. Beberapa peternak juga mencoba membuat bibit ayam perang hasil persilangan antara ayam burma dengan jenis ayam lainnya.

Ayam Shamo

Ayam Shomo
Jenis Ayam aduan berikutnya adalah ayam shamo. Ayam Shamo berasal dari Jepang yang juga dikenal dengan sebutan "Ninja Mini from Japan". Pasalnya, ayam shamo ini dikenal sebagai ayam yang memiliki gerakan cepat serta memiliki jepretan yang luar biasa akurat dan mematikan.

Dibandingkan dengan ayam petarung lainnya, ayam Shamo merupakan yang paling atletis dari segi fisik, dengan postur jangkung dan tegak yang mampu tegak hingga 95 derajat saat berdiri. 
Ciri fisik: memiliki jengger tripartit (sisir kenari), mata cerah, paruh besar dan kuat. Ujung sayap sedikit miring ke belakang dari badan, sambungan sayap mengarah ke atas dengan jelas, paha berotot kuat dan terlihat jelas.

Garis horizontal ekor ke arah belakang atau antara garis belakang dan warna bulu pedet berwarna kuning atau kuning dengan bercak hitam pada ayam yang didominasi warna hitam. Ayam jantan memiliki berat sekitar 5,6 kg, dan ayam betina sekitar 4,8 kg.

Ayam siam

Ayam Siam
Ayam siam merupakan salah satu jenis ayam aduan yang sering digunakan oleh pecinta ayam untuk bertanding. Selain kekuatan pukulan maut di arena, ayam siam juga punya jiwa seperti baja. Dia lebih baik mati daripada melarikan diri dari permainan. Pecinta ayam siam juga tergolong tinggi, sehingga sering berkelahi dengan peternak ayam untuk membudidayakan ayam jenis ini

Variasi teknik yang dimiliki oleh ayam siam ini menjadi faktor menarik lainnya. Ayam siam asli memiliki banyak variasi teknik serangan untuk menjatuhkan lawannya. Banyaknya perbedaan teknik yang dimiliki oleh ayam siam asli ini merupakan hasil persilangan ayam bangkok dengan jenis ayam yang berbeda.

Ayam Saigon

Ayam Saigon
Awalnya sebagian besar masyarakat Indonesia percaya bahwa ayam saigon berasal dari negara kita, padahal ternyata bukan. Ayam saigon sudah ada sejak zaman dahulu, dan ternyata ayam aduan jenis ini berasal dari vietnam yang pada awalnya dibawa oleh pedagang pada masa kerajaan.

Ayam ini adalah salah satu  jenis ayam aduan yang terkuat dan terberat dibandingkan dengan ayam petarung lainnya karena paling tahan terhadap pukulan karena ototnya yang berserat. Namun pola adu ayam ini terkesan lambat dan buruk, kurang pandai mencari peluang dalam pertandingan. Sehingga tidak terlalu populer dan tidak terlalu banyak peminatnya.

Ciri khas ayam Saigon adalah kebotakan yang mudah dikenali. Dari kepala hingga leher saigon, tidak ada bulu seperti ayam aduan lainnya.

Namun, ada pula ayam saigon yang mirip dengan ayam bangkok yang berukuran besar dan memiliki bulu di sekitar kepalanya. Dan bobotnya lebih banyak, dan kulit ayam saigon lebih tebal dari ayam bangkok.

Ayam kampung indonesia

Ayam kampung
Ayam kampung adalah sebutan untuk ayam yang dipelihara secara mandiri atau bebas. Dimana kebiasaan sehari-hari ayam ini masih berlangsung di luar kota atau pedesaan.

Ayam kampung saja tidak termasuk ayam broiler atau ayam petelur, karena ayam hanya berproduksi secara umum. Beberapa bos ayam mengubah ayam kampung menjadi ayam jago yang berkompetisi di arena adu ayam agar ayam bisa mulai berlatih dengan baik seperti ayam ras.

Pertarungan ayam kampung tidak bisa dibandingkan dengan ayam aduan di Bangkok atau Burma, karena ayam biasanya melakukan serangan yang biasanya digunakan untuk pertahanan diri.

Kebanyakan pecinta ayam memilih ayam buras untuk melawan taji, yaitu melawan ayam dengan pisau kecil. Kalau sabung ayam di pedesaan malah biasanya dianggap sosial budaya dan masih sering dipimpin oleh orang Indonesia asli.
Demikianlah beberapa jenis ayam aduan terbaik yang sedang populer saat ini dan paling sering digunakan untuk laga di Indonesia. selamat membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.