Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sapi Limosin: Panduan Lengkap



Sapi Limosin saat ini dijual dengan harga 20 juta per hewan. Panduan lengkap ini berisi sapi limosin, ciri-ciri sapi yang baik, cara beternak, dan jenis yang tepat.

Sapi limosin adalah jenis sapi yang sering digunakan sebagai sapi, karena sapi ini sangat dicintai oleh banyak orang. Bentuk dan ukurannya yang sangat besar membuat harga sapi ini jauh lebih mahal daripada harga sapi Indonesia. Sapi limosin memiliki tipe bulu yang khas, yang memiliki bulu coklat tua, kecuali di daerah ambing putih dan berlutut di sekitar mata yang lebih muda. Sapi ini pertama kali dibiakkan di Prancis, dan sekarang mudah ditemukan di Indonesia.
Sapi limosin memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Sapi memiliki ketinggian 1 ½ meter
  • Bulu di sekujur tubuhnya tebal sehingga menutupi seluruh tubuhnya
  • Sapi limusin memiliki warna mulai dari kuning hingga merah keemasan
  • Memiliki tanduk dengan warna-warna cerah
  • Saat lahir bobot diklasifikasikan sebagai kecil hingga sedang
  • Sapi betina dengan berat hingga 575 kg
  • Sedangkan pada sapi dewasa beratnya bisa mencapai 1100kg
Sapi limosin memiliki kelebihannya sendiri dibandingkan sapi biasa, karena pertumbuhan tubuhnya yang cepat. Limosin diprediksi akan populer di dunia industri peternakan dan menjadi primadona baru. Sapi limosin mulai dilirik oleh para peternak seperti petani sapi brahman dan sapi simental, karena sapi limusin sendiri memiliki pertumbuhan yang cepat dengan harga jual yang cukup tinggi.
Meski memiliki harga tinggi dari hari ke hari, permintaan akan sapi limosin semakin meningkat. Hal ini sering membuat peternak dan pedagang sapi sering merasa kewalahan untuk memenuhi setiap pesanan yang masuk, karena pasokan stok dan limosin masih terbilang terbatas.

Harga Sapi Limosin

Karena itu, bagi peternak yang ingin membuka usaha ternak limusin, jangan sia-siakan peluang emas ini. Informasi yang diperoleh saat ini harga anakan limosin lokal berusia 4 hingga 6 bulan bisa mencapai 6,5 juta dan harga anakan limusin impor 7,5 juta. Ini kekayaan luar biasa yang diperoleh jika dibiakkan menjadi sapi dewasa.

Sapi limosin sendiri memiliki ciri-ciri tersendiri dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Fitur yang paling penting adalah proses pertumbuhan ternak lebih cepat dan berat badan serta tinggi, sehingga jumlah daging pasti lebih banyak. Kualitas sapi limosin juga dinilai sangat baik, karena memiliki kelezatan tersendiri saat dijadikan makanan. Oleh oleh karena itu tidak mengherankan bahwa nilai jual sapi jenis ini jauh lebih tinggi dan lebih mahal daripada jenis sapi lainnya.

Keuntungan lain dari sapi limosin adalah waktu yang dibutuhkan untuk penggemukan atau pertumbuhan yang lebih pendek dan cepat. Ini akan membuat petani lebih nyaman. Selain itu, sapi ini juga lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit, terutama antraks, yang telah merajalela dan menyebabkan kerugian bagi banyak petani.

Cara menggemukkan sapi limosin

Berikut cara mengatasinya:

Kandang:

Terkadang sapi biasanya memiliki dua bentuk, kandang individu dan kandang kelompok. Ukuran kandang individu biasanya 2,5 x 1,5 meter dengan sapi limusin ditempati. Dengan limosin kandang individu ini, sapi akan tumbuh lebih cepat, karena tidak ada persaingan dalam mendapatkan pakan dan memiliki ruang terbatas. Sedangkan kandang kelompok adalah sapi yang akan berada dalam periode penggemukan ditempatkan dalam satu kandang. Dalam kandang kelompok, seekor sapi akan memiliki kelemahan, yaitu persaingan dalam mendapatkan pakan, sehingga seekor sapi yang kuat akan tumbuh lebih cepat daripada sapi yang lemah.

Pakan

Dalam program penggemukan pakan limosin adalah hal yang paling penting, karena secara ilmiah dari sisi fisiologis dan sistem pencernaan sapi diklasifikasikan menjadi ruminansia (hewan yang mencerna melalui tiga proses, yaitu mulut dengan bantuan air liur, dalam rumen dengan bantuan mikroba rumen, dan secara enzimatis setelah melewati rumen). Keberhasilan menenangkan sapi limusin, terutama ketika penggemukan dapat diberi makan dengan dua jenis sapi, yaitu hijauan dan kombinasi hijauan dengan konsentrat.

Pengendalian penyakit

Sapi yang sehat akan memberikan kualitas yang baik, oleh karena itu ia juga penting dalam menjaga kesehatan sapi.
Baca Juga: Tips Memotong Kuku Sapi Agar Terjaga Kebersihannya
Demikian informasi mengenai sapi limosin, semoga dapat memberikan manfaat dan memberikan informasi bagi petani yang akan mengembangkan usahanya