Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pelihara Kura Kura: Berikut Tips yang harus diketahui!


Pelihara hewan memang memiliki perasaan sendiri. Apalagi sekarang, membiakkan hewan-hewan eksotis telah menjadi tren bagi kaum milenial. Meski dijinakkan, hewan eksotis adalah hewan liar yang masih memiliki naluri liar, sehingga mungkin saja membahayakan pemiliknya.

Namun, jika Anda ingin memelihara binatang eksotis dari jenis reptil, Anda dapat memilih untuk memelihara kura-kura. Karena penyu adalah reptil, tidak terlalu berbahaya dan mudah dirawat. Bagi mereka yang ingin memelihara kura-kura, berikut adalah beberapa tips cara pelihara kura-kura. Setelah diperiksa.


1. Sebelum membeli kura-kura, cari tahu kura-kura yang ingin Anda pelihara.

Mengetahui jenis kura-kura yang ingin Anda pertahankan juga akan memudahkan Anda merawat kura-kura. Karena setiap jenis kura-kura memiliki perlakuan yang berbeda. Berikut adalah 3 kelompok jenis kura-kura yang harus Anda ketahui.

Penyu

Penyu adalah sejenis kura-kura semi akuatik yang biasanya hidup di darat dan di air. Jenis-jenis kura-kura yang sering dipelihara termasuk kura-kura RES (Brazil), kura-kura ambon, kura-kura patah, dll. Penyu juga kura-kura, tetapi mereka tidak dapat dipelihara.

Kura-kura darat.

Kura-kura adalah jenis kura-kura yang hanya hidup di darat, yang biasa disebut kura-kura. Hewan yang bergerak lambat ini bisa hidup hingga puluhan tahun, Anda tahu. Dan memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan jenis kura-kura lainnya. Meski begitu jenis kura-kura ini mudah dipelihara.

Terrapin.

Sementara kelompok kura-kura ini adalah kebalikan dari jenis kura-kura. Terrapin adalah sejenis kura-kura akuatik penuh, alias hanya hidup di air. Di Indonesia, jenis kura-kura ini biasanya disebut kura-kura, moncong babi, dan permesinan. Karena penuh air, kita hanya bisa memelihara kura-kura ini di akuarium atau kolam.

2. Sesuaikan kandang jika Anda ingin mempertahankan indoor atau outdoor.

Setelah mengenal jenis-jenis kura-kura di atas dan memutuskan untuk membeli kura-kura yang ingin Anda pertahankan, hal pertama yang Anda persiapkan adalah kandang. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan kandang dengan jenis kura-kura yang Anda pilih.

Untuk jenis kura-kura dan terrapin, lebih baik memilih akuarium jika Anda memelihara di dalam ruangan, jika di luar ruangan, Anda bisa membuat kolam untuk kura-kura. Sedangkan untuk kura-kura, dalam atau luar ruangan, gunakan saja wadah yang sesuai dengan ukuran kura-kura Anda.

3. Beli kura-kura setidaknya dua sehingga kura-kura tidak kesepian.

Sebagai mahluk hidup, kura-kura juga membutuhkan teman atau pasangan. Lebih baik membeli sepasang kura-kura agar kura-kura tidak merasa kesepian. Tetapi jika kura-kura yang dipelihara memiliki harga yang cukup mahal seperti jenis kura-kura, Anda bisa menunda untuk membeli kura-kura lain.

4. Keringkan kura-kura di bawah sinar matahari pagi.

Yang penting dan perlunya kura-kura selain makanan adalah mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup. Berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah kebutuhan mutlak bagi beberapa reptil, termasuk kura-kura karena reptil adalah hewan berdarah dingin.

Selain pemanasan, berjemur juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan cangkang pada kura-kura dan mencegah penyakit. Keringkan kura-kura Anda 15 hingga 20 menit. Jika Anda tidak punya waktu untuk mengeringkan kura-kura setiap pagi, Anda bisa menggunakan lampu UV untuk reptil jika Anda memeliharanya di dalam ruangan.

5. Jaga kandang tetap bersih, karena jika kandang kotor, kura-kura rentan terhadap penyakit.

Tidak peduli hewan jenis apa yang Anda pelihara, menjaga kandang tetap bersih adalah hal yang paling penting. Bagaimana diet dan vitamin harian Anda mencegah penyakit. Jika Anda tidak membersihkan kandang secara teratur, hewan peliharaan Anda mungkin masih terkena penyakit.

tips di atas adalah cara pelihara kura-kura yang harus Anda ketahui. Memberi makan hewan seperti reptil memang memerlukan perhatian khusus karena reptil adalah hewan berdarah dingin dan perlu berjemur untuk mendapatkan energi dan vitamin D dari matahari. Penting agar Anda tetap konsisten dalam menjaga kura-kura kesayangan Anda.

Semoga artikel cara pelihara kura kura ini membantu dan menginspirasi. Sekian, terima kasih.