Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pelihara Ikan Lele diember

Cara Pelihara Ikan Lele diember - Ikan adalah salah satu dari banyak komoditas yang tidak dapat dipisahkan manusia. Banyak orang berinovasi untuk mengembangkan dan melindungi ikan. Pada dasarnya, ikan itu sendiri bisa dipelihara di mana saja. Adalah penting bahwa tempat pengembangbiakan cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen ikan.

Namun, dalam beberapa kasus, lebar tertentu diperlukan untuk mempertahankan posisi pertumbuhan ikan itu sendiri.Ada banyak cara untuk memelihara ikan, beberapa menggunakan sistem penguatan dengan stocking padat, dan beberapa menggunakan kolam untuk membangun kolam besar. Ada banyak cara lain untuk memelihara ikan.

Ketika kita hidup di tanah perkotaan, kita menghadapi hambatan, ini bukan masalah utama kita di daerah perkotaan. Namun, ternyata dalam menghadapi kendala seperti itu, kita tidak perlu khawatir. Kita masih bisa menggunakan beberapa teknik untuk memelihara ikan dan bahkan memakannya setiap hari. Namanya BUDIKDAMBER atau cara pelihara ikan diember.

Teknologi Budikdamber atau cara pelihara ikan diember dapat dilakukan di mana saja, bahkan di halaman yang sempit. Budikdamber ini dikembangkan oleh seorang lulusan sarjana asal Lampung bernama Yuli Nursandi, yang peduli dengan kebutuhan orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan.

cara pelihara ikan lele diember

Berbagai Keuntungan Cara Pelihara Ikan Diember “Teknik Budikdamber”

Tidak terlalu sulit untuk mempertahankannya. Jika kita melakukan perawatan rutin, kita harus memiliki lahan yang cukup luas dan modal yang besar. Berlawanan dengan perawatan rutin, jika kita melakukan pekerjaan pemula, kita hanya perlu ember kecil yang dapat menampung 100 liter air. 
Dengan menyediakan 1 ember 100 liter air, kita dapat memulai budikdamber.

Terlepas dari keuntungan ini, kita dapat memanen ikan, atau kita dapat menanam bayam air di dalamnya nanti, dan kita juga dapat memanennya. Teknologi budikdamber ini sangat bermanfaat bagi kami, dan dengan modal yang kecil, kami dapat memberikan hasil yang baik. Dengan menggunakan ember berisi 100 liter air, kita dapat menyebarkan sekitar 80-100 benih ikan lele.

Tentu saja, alat dan bahan harus disiapkan terlebih dahulu. Untungnya, mudah menemukan alat dan bahan di sekitar rumah. Jika tidak ada bahan, mereka dapat dibeli di toko terdekat.

Alat dan bahan untuk memelihara ikan lele

  • 100 liter per barel
  • 60-100 ikan, panjang 6-10 cm
  • Biji bayam air
  • Garis tipis yang fleksibel
  • arang
  • gelas plastik
  • tang

Cara melakukan teknik Budikdamber atau memelihara ikan lele diember

Untuk membuat budikdamber, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

Harap gunakan solder atau paku yang dipanaskan untuk memukul bagian bawah cangkir plastik yang kami siapkan sebelumnya. Kuncinya adalah menyerap air saat kita bayam.
Potong kabelnya sekitar 15 cm dan tekuk seperti huruf U sehingga Anda bisa mengaitkannya di ember nanti. Untuk bentuk kawat bengkok / berbentuk, Anda bisa berinovasi sesuai selera, yang penting karena kawat sudah bengkok dan bisa dikaitkan dengan ember.
Selanjutnya, tuangkan biji bayam air ke dalam gelas. Untuk biji bayam air, Anda bisa menggunakan bayam air yang sudah di root, yang bisa Anda beli di kios potong ke bagian bawah, lalu tanam ke dalam gelas yang sudah disiapkan. .
Selanjutnya setelah Anda mengisi benih bayam, Anda harus mengisi gelas dengan arang, tetapi jangan mengisinya, Anda bisa menguranginya hingga setengah cangkir.
Isi ember dengan air yang cukup sampai mencapai garis ember. Kemudian diamkan selama 2-3 hari untuk menstabilkan suhu air.
Masukkan benih ikan yang disiapkan sebelumnya, ember dapat diisi dengan 60-100-100 benih ikan.
Tempatkan bayam di tepi ember, lalu cobalah untuk membagi dua bagian bawah gelas dengan air.
Kale cukup untuk ditanam sekali dan dipanen berkali-kali dalam empat bulan ke depan. Caranya adalah dengan memotong kangkung agar kuncup dapat tumbuh kembali.

Metode di atas dapat dilakukan di rumah menggunakan ember dan gelas air. Dan selamat mencoba untuk Shobat Sidomulyo farm!