Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara ternak kenari Agar Sukses, Mudah Banget Koq!

Cara ternak kenari- Sobat Sidomulyo Farm, kali ini kami akan berbagi tips menarik yaitu tentang cara ternak kenari agar sukses. Gimana caranya? Simak yuk..

Burung kenari dikenal dan digemari oleh fans burung gara-gara nada kicauannya yang merdu serta keindahannya. Keindahan dan nada merdu itulah yang menyebabkan burung kenari telah menjadi hewan peliharaan sejak th. 1400an. Burung kenari bukanlah burung yang sesuai sebagai teman bermain dan lebih baik mengagumi keindahannya berasal dari jauh, tapi hal berikut tidak mengurangi nilai burung kenari sebagai burung peliharaan yang luar biasa. Burung kenari sesungguhnya menggunakan biasanya waktunya berada di kandang, oleh gara-gara itu bagi Anda yang hendak pelihara burung kenari sebaiknya siapkan kandang bersama ukuran yang memadai besar untuk mereka terbang didalam kandang.

Baca: Ciri Ayam Pukul Saraf

Burung kenari didalam bhs inggris adalah Canary bird. Sesuai bersama namanya, burung kenari berasal berasal dari pulau Canary yang berada masuk didalam negara Spanyol dan terdapat di samudra Atlantik. Warna yang umum berasal dari burung kenari adalah kuning. Karena warna bulunya inilah, burung kenari menjadi ide dasar berasal dari pembuatan tokoh kartun Tweety. Namun tidak cuma kuning saja, ada pula warna merah-oranye, putih, merah muda, dan berbagai coklat. Dibandingkan bersama burung-burung kebanyakan, burung kenari merupakan burung bersama ukuran kecil tapi sanggup hidup sampai 20 tahun.

Bagi Anda yang menginginkan berternak burung, burung kenari merupakan keliru satu burung yang memadai untungkan untuk diternak. Meskipun burung individu, ketika musim kawin, baik pejantan maupun betina akan terlalu birahi untuk langsung kawin. Hal ini gara-gara burung kenari jarang tertarik pada hal lain selain kawin. Anda sanggup memiliki satu pejantan dan banyak betina, tidak perlu membeli sepasang-sepasang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga, akan ada pasangan burung kenari yang tidak berpisah atau cuma setia pada satu burung saja.

Anda menginginkan berternak burung kenari tapi tidak memahami caranya, yuk ikutin saja cara ternak kenari di bawah ini.

gambar ternak kenari | * Source: medium.com


Cara ternak kenari

1. Jenis kelamin burung kenari

Membedakan jenis kelamin pada binatang mamalia sesungguhnya mudah, tapi bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung terlebih burung kenari? Bagi Anda pemula didalam ternak burung kenari, sebelum akan Anda memulai untuk berternak burung kenari, ada baiknya jika Anda berlatih terlebih dahulu untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.
Jantan :

  • Dubur pejantan menonjol, tegak lurus dan vertikal
  • Suka berkicau dan bunyinya nyaring
  • Bentuk badan cenderung ramping memanjang dan leher lebih panjang.

Betina :

  • Dubur tidak menonjol tapi datar
  • Berkicau tapi tidak sering dan tidak nyaring
  • Bentuk tubuh cenderung bulat dan leher lebih pendek

2. Usia burung kenari

Yang perlu Anda ketahui apakah burung kenari berikut sedang didalam situasi siap kawin atau birahi atau tidak.

Ciri-ciri burung kenari siap kawin :

  • Jantan : Sering berkicau. Hiperaktif layaknya sering melompat-lompat, mengepak-kepakkan sayap, apalagi kadang waktu sengaja menabrak jeruji kandang.
  • Betina : Suka mematuk-matuk apa pun yang ada di didalam sangkar. Sayap terhitung dikepak-kepakkan.

3. Kandang untuk burung kenari

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa burung kenari memerlukan area luas untuk terbang, maka pilihlah sangkar yang sangat mungkin bagi burung untuk sanggup terbang berasal dari dahan ke dahan. Dalam langkah awal ternak, sebaiknya pisahkan burung jantan dan betina. Atau sangkar besar yang telah ada sekatnya untuk memudahkan perjodohan. Jangan lupa untuk mempersiapkan daerah untuk makanan burung. Makan burung kenari biasanya biji-bijian. Bisa terhitung diberi telur rebus.

4. Proses perjodohan burung kenari

Sebelum proses perkawinan, tentu perlu diberikan selagi bagi jantan dan betina untuk saling berkenalan. Caranya adalah bersama mendekatkan kandang mereka. Ciri-ciri mereka berjodoh adalah burung kenari jantan akan menyuapi si betina meski berada di luar sangkar. Pejantan akan lebih sering berkicau sebagai menandakan untuk menggoda si betina.

5. Proses perkawinan burung kenari

Ketika telah keluar bahwa mereka berjodoh, maka Anda sanggup memasukkan pejantan dan betina didalam satu kandang yang sama. Caranya adalah bersama memasukkan burung kenari jantan ke didalam sangkar burung kenari betina. Lakukan hal berikut ketika sore hari. Setelah disatukan didalam satu kandang, mencermati apakah mereka saling menyuapi (seperti berciuman) atau tidak. Jika iya, maka sebentar ulang mereka akan melaksanakan perkawinan. Biarkan didalam sangkar sampai pagi hari. Kemudian pisahkan ulang jantan dan betina pada pukul 7-9 pagi.Ulangi ulang memasukkan burung jantan ke kandang burung betina pada sore hari sampai betina bertelur. Jangan menjemur burung kenari betina yang telah bertelur, gara-gara akan mengakibatkan kerusakan telur kenari.

6. Proses pengeraman telur burung kenari

Pada proses pengeraman, biarkan jantan dan betina berada selamanya di satu sangkar. Hal ini sehingga betina tetap berada di sarang untuk mengerami gara-gara pejantan akan tetap menyuapi betina. Namun jika Anda memiliki lebih berasal dari satu betina, pisahkan saja pejantan.
Selama betina mengerami telurnya, jangan lupa untuk tetap memberi makan dan minum, serta merawat kebersihan kandang.

7. Proses penetasan telur

Biasanya hari ke-14 setelah bertelur, telur-telur berikut akan menetas. Jaga tetap kebersihan kandang-kandang kenari serta teratur memberi makan dan minum. Jangan sampai kehabisan makanan dan minuman.


Itulah ulasan tentang cara ternak kenari agar sukses. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait: cara ternak kenari di sangkar harian, cara ternak kenari sistem koloni, pakan ternak kenari, kandang ternak kenari, cara menjodohkan kenari, cara mengawinkan kenari, cara ternak kenari sf, gambar ternak kenari