Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peternak Ayam Wajib Baca! Berikut Beberapa Jenis Bahan Baku Pakan Ayam yang Menjadi Sumber Protein


Protein adalah salah satu nutrisi yang diperlukan dalam pakan ayam untuk mendukung pertumbuhan unggas. Sebagai gantinya, gunakan bahan pakan ayam yang mengandung sumber protein tinggi. Sumber protein dapat diperoleh dari tumbuhan dan hewan. Ini adalah bahan baku untuk beberapa pakan ayam dan mungkin menjadi sumber protein.



Jenis Bahan Baku Pakan Ayam yang Menjadi Sumber Protein

Makanan dari kacang kedelai

Tepung kedelai adalah salah satu sumber bahan pakan protein yang sering digunakan oleh peternak dalam formulasi pakan untuk peternak. Bungkil kedelai kaya protein dan kaya lisin, tetapi rendah metionin. Di Indonesia, pasokan bungkil kedelai belum tersedia, dan peternak biasanya mengimpor bungkil kedelai dari beberapa negara seperti Amerika Serikat dan India.

Tepung gluten jagung (CGM)

Tepung gluten jagung adalah protein basah yang ditemukan dalam pemrosesan jagung. Kandungan lisin dalam CGM relatif rendah, sehingga penggunaan CGM harus disediakan bersama dengan lisin sintetis. Lebih dari 10% CGM yang digunakan dalam pakan akan meningkatkan kuning telur dalam kuning telur.

Makanan ikan

Tepung ikan adalah sumber protein dalam pakan ternak karena mengandung protein berkualitas tinggi dan asam amino yang baik. Tepung ikan dapat diperoleh dari produk lokal atau impor. Isi tepung ikan lokal tergantung pada jenis ikan yang digunakan. Sebelum menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu menganalisis kandungan protein kasar dan kalsium.

Bungkil kelapa

Bungkil kelapa adalah hasil ekstraksi dari daging kelapa segar dan dapat digunakan sebagai sumber protein yang baik. Namun, penggunaan kue kelapa masih terbatas karena disebabkan oleh ayam masih kesulitan mencerna protein kue kelapa, kandungan lisin dan metionin tidak seimbang, dan mudah busuk bila disimpan dalam waktu lama karena mengandung minyak yang cukup tinggi.

Bungkil kacang

Bungkil kacang diperoleh dengan mengekstraksi minyak secara mekanis atau kimia dan menggerinda biji kacang tanah. Namun, karena tepung kacang mengandung kadar serat kasar yang tinggi, penggunaannya masih terbatas.

Tepung daging dan tulang

Bahan pakan ini adalah sumber protein hewani, dan kualitasnya tergantung pada jumlah tulang yang digunakan.