Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Walet Betah Bersarang Dirumah

Di masa lalu, itu bisa sangat mudah untuk mengundang walet memasuki rumah dan bersarang walet karena populasi pada waktu itu banyak. Sekarang ketika populasi menipis karena petani untuk menjadi pintar untuk menelan bersarang di rumah di rumah sehingga produksi tidak menurun. Ada beberapa cara untuk membuat walet bersarang dirumah, lihat ulasannya.


Ciptakan kondisi nyaman di rumah walet
Walet sama seperti manusia yang membutuhkan kenyamanan tempat tinggal untuk bertahan. Merosotnya produksi sarang walet sering disebabkan rumah walet yang sudah tidak nyaman karena peternak lebih sering memanen sarang ketimbang membersihkan dan merawat rumah walet.

Untuk menjaga kondisi rumah walet, Anda bisa menggunakan mesin pengabut pada musim kemarau yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rumah. Selain itu, sediakan kotak plastik yang sudah dilengkapi dengan 5 kipas kecil untuk meredam suhu yang terlalu tinggi. Kotak plastik ini berfungsi memperbaiki sirkulasi udara rumah sehingga menormalkan suhu dan tingkat kelembapan.

Pasang sirip agar nyaman
Sebaiknya, sirip terbuat dari aluminium agar bertahan lebih lama dan harganya lebih murah. Penggunaan sirip dari aluminium juga berfungsi menekan ketergantungan penggunaan kayu hutan.

Sirip yang terbuat dari aluminium lebih kuat dan bertekstur sehingga memudahkan walet untuk membuat sarang. Hasil panen yang didapatkan pun jauh lebih bersih karena tidak berisiko membawa potongan bahan aluminium yang terbebas dari risiko kontaminasi cendawan sehingga walet betah bersarang.

Selain kayu hutan dan aluminium, Anda bisa menggunakan ampas tebu yang cepat kering serta bisa didapatkan dengan harga murah. Ampas tebu yang digunakan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, lalu digiling halus menjadi tepung. Tepung tebu tersebut diberikan campuran perekat dan semen putih. Adonan tersebut disumpal pada celah-celah.

Atasi masalah cendawan
Kelembapan yang tinggi hingga di atas 95 persen bisa saja disebabkan oleh semburan air, kandungan uap air di ruangan pun akhirnya meningkat sehingga papan sirip menjadi lembap dan ditumbuhi cendawan. Kondisi tersebut tidak disukai oleh walet sehingga jika keadaan tersebut dibiarkan begitu saja, akan membuat walet pergi dari sarang.

Cegah hama dan predator

Walet memiliki musuh alami yang menjadi hama bagi para petani karena bisa menghabiskan walet di dalam rumah, seperti burung hantu. Selain itu, masih ada banyak hewan yang kerap hadir mengganggu kenyamanan walet untuk bersarang.