Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ayam Pukul Saraf Pada Ayam Aduan

Ciri Ayam Pukul Saraf, adalah Jenis Ayam Aduan yang paling di cari para pecinta ayam bangkok di seluruh dunia.

ayam pukul saraf

Ayam aduan memanglah sangat banyak jenisnya, ada jenis ayam bangkok asli, birma, pakoy maupun ayam ras lainnya yang sangat banyak dan tidak ada henti hentinya dicari oleh para sesepuh dan pecinta ayam jenis aduan. Dan sebagai pencinta ayam aduan tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan namanya  ayam pukul saraf. Nah,  pada artikel kali ini akan kami membicarakan lebih rinci mengenai ciri ayam pukul saraf.

Ciri ayam pukul saraf yang sangat menonjol dan sangat kentara adalah terletak pada akurasi pukulannya atau pukulan yang mematikan lawan sehingga lawan menjadi KO. Di dalam dunia pertarungan,  ayam bangkok yang mempunyai jenis pukul saraf adalah ayam yang mempunyai kecepatan yang paling tinggi dan seringkali melontarkan pukulan area yang sangat vital pada ayam lawan. Dan apabila terkena ayam pukul saraf akan memberikan dampak yang buruk atau bahkan ayam lawan KO.

Pukul saraf pada ayam aduan adalah jenis pukulan istimewa yang di miliki oleh ayam aduan. Jenis pukulan yang mengenai saraf ini dapat mengagetkan ayam lawan karena mendarat secara tiba tiba. Dengan pergerakan ayam pukul saraf ini akan membuat lawannya mendadak merubah gaya tarungnya.

Namun,  apabila ayam dengan pukul saraf saja tidak cukup apabila tidak dibarengi dengan tingkat akurasi pukulan dan kekuatan serta daya tahan ayam tidak cukup baik. Ayam yang kena pukul saraf,  akan tetapi dengan kekuatan yang biasa saja,  tentunya tidak akan membuat ayam lawan menjadi kalah atau KO.

Ciri Ayam Pukul Saraf Dengan Pukul yang Tepat Ke Bagian Vital Lawan 

Dilihat Dari Segi Kaki Ayam

Ciri ayam pukul saraf pertama tentunya terletak di segi kakinya. Ayam yang mempunyai kaki kering dan saat di pegang keras, selain tersebut ketika di sentil kuku bakal terasa sakit pada di sisi batangnya. Dan untuk bagian jari pilih yang panjang seperti ujung bambu atau dapat di katakan dengan merit. Bagi sisik tidak begitu berpengaruh, yang urgen atau yang paling penting adalah kaki ayam kering, namun andai kaki ayam kering dan memiliki katurangga yang bagus maka bakal lebih baik. Dan dari sisi paha yang berbentuk pipih, paha lebih panjang dari pada batang kaki. 

Ada juga yang mengatakan Kaki ditekuk seperti belalang , Posisi kaki dengan paha rata ini memungkinkan ayam bergerak leluasa dalam pertempuran. Biasanya ayam dengan ciri khas ini akan melakukan pukulan yang kuat, terutama saat pukulan tersebut mengenai life point lawan.

Dari sorot mata ayam

Ayam yang mempunyai pukul keras tentunya mempunyai sorotan mata yang tajam, tetapi hal ini tidak dapat menjadi garansi bahwa ayam dengan sorot mata tajam akan seringkali menjadi ayam pukul saraf. Namun dapat di seimbangkan dengan kaki yang kering, jari panjang seperti ujung bambu. 

Dari kepakan sayap

Apabila ayam mengepak sayapnya dengan keras ini dapat menjadi di antara ciri ayam pukul saraf. Namun tetap melihat dari bentuk kaki juga karena bentuk kaki paling mendukung.

Hal yang dapat membuktikan ayam mempunyai pukulan saraf dapat diuji coba. Ketika ayam aduan memukul di segi vital ayam lawan dengan akurasi yang tepat dan juga pukulan yang di keluarkan paling keras, serta ayam lawan kaget maka tersebut adalah ayam pukul saraf. 

Bentuk leher ideal

Bentuk leher yang ideal tidak boleh terlalu pendek atau terlalu panjang, karena bentuk leher akan mempengaruhi keakuratan ofensif ayam. Jika leher ayam terlalu pendek, maka akan sulit untuk mencapai titik serang ayam jago lawan yang tinggi.

Postur Tubuh Ayam

Ciri terakhir adalah dari postur tubuh. Anda harus memastikan postur ayam yang tegak dan kuat. Saat dipegang, otot tubuh juga menjadi keras, namun bulu terasa keras dan kaku.

Selain pukul syaraf, juga ciri ayam pukul badan. Keunggulan ayam ini adalah memiliki pukulan yang sangat kuat dengan akurasi yang tinggi. Berikut ciri-ciri ayam yang mencolok:

  • Ayam ini memiliki ukuran tubuh sedang, tidak pendek maupun panjang.
  • Memiliki bentuk tubuh yang lebar.
  • Memiliki sayap panjang yang sesuai dengan ukuran tubuh.
  • Ia memiliki leher pendek tetapi sangat kuat dan dekat dengan tulang.
  • Ukuran dada tegap dan paruh pendek tebal.
  • Tungkai dan kakinya agak pendek dari atas ke bawah.

Demikian informasi seputar ciri ayam pukul saraf yang dapat kami berikan untuk para pecinta ayam aduan diseluruh indonesia, semoga artikel yang kami berikan dapat membantu anda dan bermanfaat. baca juga: Simbar Telak Ayam Bangkok Super Yang Langka