Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kotoran Ayam Bau dan Cara Mengatasinya Paling Efektif dan Lengkap


Penyebab Kotoran Ayam Bau Cara Mengatasinya Paling Efektif dan Lengkap - Kotoran ayam yang bau tidak jarang kali menjadi Masalah utama dalam usaha peternakan, terlebih lagi andai tempatnya berada disekitar pemukiman penduduk dan pastinya sudah tidak sedikit juga teknik yang dilaksanakan untuk menghilangkannya.

Misalnya  dengan perancangan model kandang, peralihan litter, penataan sirkulasi udara, pemberiaan obat-obatan, baik yang kimia ataupun yang alami, bahkan barangkali masih tidak sedikit lagi teknik lainnya.

Pada peluang ini, saya pun akan menyalurkan sedikit teknik yang menurut keterangan dari saya efektif guna menghilangkan bau kotoran unggas, khusunya pada Ternak ayam, Ternak puyuh, dan pun itik.

Namun sebelum anda membahasnya lebih lanjut, ayo kita kupas dulu factor yang mengakibatkan kotoran ayam menjadi bau.

Penyebab kotoran ayam bau


Ada sejumlah factor yang sering merangsang atau menciptakan kotoran ayam menjadi bau diantaranya:

1. Kotoran ayam basah

Kotoran ayam yang basah menjadi di antara factor utama penyebab munculnya bau yang menyengat pada kandang ternak ayam.

Kotoran yang basah atau wet drop seringkali disebabkan sebab kurangnya perawatan terhadap ayam, sampai-sampai ayam merasakan stress, dapat juga sebab kelembaban kandang yang tidak terjaga, atau ayam merasakan gangguan pencernaan yang disebabkan bakteri dan virus.

2. Kebersihan kandang tidak terjaga

Factor beda penyebab kotoran ayam bau dapat juga diakibatkan karena kotoran yang tidak rutin dimurnikan sehingga kotoran menumpuk dan memunculkan bau tak sedap.

3. Sikulasi udara tidak cukup lancar

Pengaturan sirkulasi untuk peralihan udara yang terbit dan yang masuk andai tidak seimbang pun dapat mengakibatkan kotoran dalam kandang ayam menjadi bau.

4. Bahan litter yang salah

Jika alas kandang memakai litter dengan bahan yang tidak bisa menyerap air yang terdapat pada kotoran tersebut pun dapat mengakibatkan kotoran menjadi bau.

Setelah kita memahami faktor-faktor yang mengakibatkan kotoran ayam menjadi bau, pasti saja anda sudah memiliki gambaran, bagaimana teknik untuk menghilangkan bau kotoran tersebut.

Contohnya ialah merawat ayam dengan baik, mencuci kotoran secara rutin, menata sirkulasi udara agar lancar, atau memakai alas kandang yang dapat menyerap air.

Selain memakai cara-cara yang sering dilaksanakan oleh semua peternak laksana yang saya sebutkan diatas, ada teknik lain yang perlu kamu coba guna menghilangkan bau kotoran ayam yaitu:

Cara menanggulangi kotoran ayam bau

 

1. Memberikan jamu

Pemberian jamu pada ayam selain berfungsi untuk mengawal stamina serta kesehatan ayam, ternyata juga diandalkan  mempunyai khasiat yang bisa menghilangkan bau kotorannya.
Cara menciptakan jamu guna ayam

Bahan-bahan yang mesti disediakan
Bawang putih 1/2 kg
Kunyit 1/2 kg
Daun sirih 7-10 lembar
Kencur 1/2 kg
Laos 1/2 kg 
Jahe 1/2 kg

Apabila seluruh bahan guna jamu itu diatas telah tersedia langsung saja diblender atau dihaluskan, lantas dimasukkan ke dalam jerigen guna difermentasi dan tutup jerigen dengan rapat sekitar satu minggu.

Setelah satu minggu, ramuan itu disaring supaya terpisah antara ampas dengan larutan jamu fermentasi, dan larutan itulah yang nantinya bakal dimanfaatkan sebagai jamu guna ayam.

Cara pemberian jamu tersebut ialah ambil selama 10cc larutan jamu fermentasi, lantas campurkan dengan 10 liter air minum, dan berikan 2x dalam seminggu pada fauna ternak anda, baik tersebut ayam, puyuh, ataupun itik.

2. Memberikan probiotik (mikrobakteri)

Air minum yang dibaur probiotik pun mempunyai peran dalam meminimalisir atau menghilangkan bau kotoran unggas yang menyengat, guna probiotiknya sendiri dapat dengan mudah kamu dapatkan di poultry shop terdekat.

Cara menciptakan larutan mikrobakteri

Siapkan bahan-bahannya:
Probiotik 1ltr
Molase 1 ltr atau gula 1,5kg
Air minum 2 ltr

Campurkan probiotik, molase, dan air dalam satu wadah, lantas taruh dalam wadah yang tertutup guna difermentasi dan tunggu sekitar satu minggu.

Jangan tak sempat wadah mesti tidak jarang dikontrol, andai wadah mengembung segera dimulai sebentar untuk menerbitkan kandungan gas didalamnya dan tutup kembali.

Cara menyerahkan larutan mikrobakteri pada ayam mesti secara bergantian dengan larutan jamu yang tadi, yaitu andai jamu diserahkan pada pagi hari, maka larutan probiotik bisa kamu berikan pada senja harinya, jadi guna pemberian dua-duanya tidak secara bersamaan.

Manfaat pemberian mikrobakteri pada ayam

 
Mencegah bau tidak sedap dari kotoran ayam
Menekan pertumbuhan lalat dan serangga
Memperbaiki kesehatan ayam
Mengurangi stress pada ayam
Menekan angka kematian pada ternak ayam
Telur yang didapatkan kuat dan tidak gampang pecah.

Demikianlah ulasan tentang penyebab teknik mengatasi kotoran ayam supaya tidak bau yang dapat saya sampaikan, semoga berfungsi dan dapat menjadi penyelesaian dalam usaha ternak anda, TERIMA KASIH....